Tercemar Parah, Sandiaga: Penataan Danau Maninjau Harus Utamakan Kearifan Lokal

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 406 2462453 tercemar-parah-sandiaga-penataan-danau-maninjau-harus-utamakan-kearifan-lokal-qZhgwmjIk1.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja ke Sumbar (Foto: MNC Portal/Pradita Ananda)

PROGRAM revitalisasi Danau Maninjau, Sumatera Barat yang dilakukan untuk menata ulang kawasan itu sebagai destinasi wisata layak dan lebih berkualitas rupanya memunculkan isu penting soal ekosistem alam.

Salah satunya ialah isu mengenai Keramba Jaring Apung (KJA). Pembudidayaan ikan itu lama kelamaan merusak ekosistem alami biota di Danau Maninjau yang kemudian jadi masalah besar dalam upaya penataan ulang Danau Maninjau.

Isu perihal tercemarnya Danau Maninjau inipun sudah sampai di telinga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Sandiaga Uno Kenang Masa Kecil Dengar Ceramah Buya Hamka di Masjid Al-Azhar

Danau Maninjau

(Danau Maninjau, Foto: MNC Portal/Pradita Ananda)

“Tercemarnya Danau Maninjau ini cukup memprihatinkan. Sudah over fishing, 5 sampai 6 kali lipat. Kita harus diskusikan ke masyarakat, mudah-mudahan bisa dapat solusinya,” ujar Sandiaga yang ditemui di sela kunjungan kerja ke Kota Padang, Sumbar, Jumat, 27 Agustus 2021.

Belajar dari pengalaman sebelumnya saat menata kawasan Danau Toba, menurut Sandi dalam penataan ulang Danau Maninjau ini harus diterapkan pendekatan lokal.

“Kami baru saja mendapat tugas dari Menko Manves untuk ikut menata Danau Maninjau seperti kita menata Danau Toba. Berangkat dari pengalaman menata Danau Toba, kita harus mengutamakan kearifan lokal,” lanjutnya.

Mengedepankan kearifan lokal lanjut Sandi, bertujuan agar program revitalisasi tersebut berjalan adil, menyentuh dan berdampak positif langsung ke masyarakat.

“Ajak tokoh-tokoh daerah, tokoh agama, dan lain-lain itu agar programnya berkeadilan. Jadi penataan ini, harapannya bisa membawa perekonomian yang lebih baik di kawasan Danau Maninjau," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini