Share

Tyrannosaurus Rex Ternyata Punya Sisi Kelembutan, Penelitian Ungkap Fakta Ini

Firziana Zahra, Jurnalis · Minggu 29 Agustus 2021 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 406 2462660 tyrannosaurus-rex-ternyata-punya-sisi-kelembutan-penelitian-ungkap-fakta-ini-CxXYrn8krb.JPG Tyrannosaurus Rex (Foto: Shutterstock)

SEBUAH penelitian menunjukkan fakta unik menganai Tyrannosaurus rex alias T-rex. Ya, T-rex selama ini dikenal memiliki reputasi sebagai hewan reptil yang rakus. Tak hanya emosional, hewan purba ini kerap memakan daging apapun yang terlihat di hadapannya.

Namun faktanya, menurut penelitian terbaru, T-rex sebenarnya menyimpan karakter lembut dan sedikit selektif dalam memilih makanan.

Ahli paleontologi di Institut Penelitian Dinosaurus Universitas Prefektur Fukui mengungkapkan, hasil CT scan rahang bawah dinosaurus menunjukkan bahwa T-rex sebenarnya memiliki ujung saraf yang agak luas dan sensitif di mulutnya.

Hal itu berarti T-rex mengambil makanannya dengan sangat hati-hati. Soichiro Kawabe, salah satu penulis makalah ini mengatakan bahwa T-rex memiliki 'sisi halus' seperti hewan lain dan menegaskan bahwa ia bukanlah 'monster'.

“Bisa dibilang itu foodie,” kata Kawabe, seperti diwartakan Indy100.

Baca juga: Fosil Daun Ungkap Kondisi Iklim Bumi di Era Akhir Dinosaurus

Ia meyakini bahwa T-rex kemungkinan menahan mangsanya dengan kaki karena lengannya terlalu kecil. Ia akan menarik daging yang berair dan mengandung gizi dari tulang seperti kaki ayam sebagaimana dilakukan manusia.

“Tapi ketika dibutuhkan, itu mungkin juga memakan tulangnya juga. Sumsum sangat sehat,” sambungnya.

Pakar Paleontologi Universitas Edinburg, Steve Brusatte berujar bahwa T-rex tak hanya memiliki kekuatan, namun juga kemahiran.

“Seolah-olah T-rex tidak cukup menakutkan, dengan tubuh seukuran bus dan gigitan yang bisa menghancurkan mobil, ternyata rahangnya sangat sensitif, sehingga bisa dengan hati-hati memilih dan memanipulasi mangsanya,” kata Steve.

Kawabe kembali berpendapat bahwa T-rex sebenarnya memiliki moncong sensitif dan kontrol sempurna atas rahang dan hidungnya. Kondisi itu membantu kemampuannya untuk menjadi induk dan membuat sarang.

“Dinosaurus bisa juga membawa anak-anaknya di mulutnya dengan hati-hati,” simpul Kawabe.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini