Lihat Rumah Gadang Dijadikan Homestay, Ini Kesan Sandiaga Uno dan Istri

Antara, Jurnalis · Minggu 29 Agustus 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 29 406 2462782 lihat-rumah-gadang-dijadikan-homestay-ini-kesan-sandiaga-uno-dan-istri-1hZWxGeH1t.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

KAMPUNG Minang, Nagari Sumpu, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menjadi satu-satunya desa wisata yang dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan istri, Nur Asia Uno.

"Biasanya Mpok Nur enggak turun saat kunjungan ke desa wisata, tapi kali ini langsung turun dan sangat kagum dengan desa ini," kata Sandiaga Uno yang memanggil istrinya dengan sebutan 'Mpok Nur'.

Warga yang hadir lantas menyambut perkataan Sandi tersebut dengan harapan sebagai pertanda baik untuk kampung mereka.

Menurut Sandi, istrinya itu kagum dengan Nagari Sumpu yang memiliki rumah gadang dan dijadikan homestay.

"Mudah-mudahan dari 75.000 desa, desa wisata ini terpilih," tambah Sandi, diamini warga setempat.

Baca juga: Indonesia Keren! Jamu hingga Onde-Onde Warnai Festival des Seniors di Paris

Nagari Sumpu bersama empat desa lainnya terpilih dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf.

Dirinya berharap, desa wisata Sumpu mampu mempunyai program unggulan ke depannya. Pada kesempatan tersebut, Sandi bersama istri juga melihat homestay yang dibuka di tiga rumah gadang di Nagari Sumpu.

Homestay dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, di antaranya disediakan tempat cuci tangan di pintu masuk, hand sanitizer dan masker di atas kasur.

Selain itu, Sandi juga terkesan dengan ikan bilih goreng yang ditawarkan UMKM di Nagari Sumpu, kemudian langsung memborong sebanyak Rp400 ribu.

Sementara, Ketua Pokdarwis Kampung Minang Sumpu, Zuherman mengatakan, di desa wisata itu sedikitnya terdapat 70 rumah rumah gadang yang dalam kondisi baik.

"Dari 70 rumah gadang itu, tiga rumah sudah dijadikan homestay bagi wisatawan. Selain, kami juga menawarkan paket wisata berbasis budaya dan kearifan lokal," kata Zuherman.

Selain wisata, kata Zuherman, di Kampuang Minang Sumpu juga memiliki kuliner khas, yakni ikan bilih goreng, pangek sasau, singgang, dan buah sawo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini