Sandiaga Optimis Kuliner Padang Bisa Jadi Garda Terdepan Gastrodiplomasi

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 301 2463282 sandiaga-optimis-kuliner-padang-bisa-jadi-garda-terdepan-gastrodiplomasi-ApIW0D60KD.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Instagram @sandiuno)

TERDIRI dari kebudayaan yang begitu beragam, Indonesia memiliki begitu banyak makanan khas dari setiap daerah.

Seperti halnya hasil kesenian, kriya, atau fashion yang bisa menjadi alat diplomasi Indonesia di mata dunia. Begitu juga dengan produk makanan, yang bisa difungsikan menjadi alat gastrodiplomasi atau diplomasi kuliner identitas khas suatu negara di mata dunia internasional.

Baca juga:  3 Destinasi Wisata Ikonik di Tanah Datar, Kampungnya Lord Adi MasterChef Indonesia 8

Dari sekian banyak ragam makanan khas daerah-daerah di Indonesia, makanan Padang tak dipungkiri memang jadi salah satu yang paling populer. Tak hanya dalam lingkup domestik, tapi juga internasional. Masih ingat bukan? Rendang, salah satu kuliner khas Padang, Sumatera Barat sempat dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia oleh salah satu situs berita ternama internasional .

Disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, menurutnya makanan khas Padang bukan hanya bisa jadi alat gastrodiplomasi tapi juga garda terdepan dari kuliner khas Indonesia di lingkup internasional, contohnya lewat program Indonesia Spice Up The World, program pemerintah untuk upaya perluasan pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia di industri kuliner dunia.

 

“Makanan Padang ini bisa jadi gastrodiplomasi, political dan ekonomi. Kebetulan rendang kan pernah terpilih sebagai makanan terenak di dunia, rendang ini akan menjadi garda terdepan, ujung tombak dalam program Indonesia Spice Up The World,” kata Sandiaga kala ditemui Minggu (29/8/2021) di Padang, Sumatera Barat.

Baca juga:  Sandiaga Rekomendasikan 2 Usaha yang Cocok Dibuka saat Pandemi, Apa Itu?

Memoles rendang sebagai produk makanan khas Indonesia dengan kualitas dunia. Diketahui saat ini, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah meningkatkan kualitas produk olahan rendang agar semakin punya nilai tambah dan daya jual tinggi.

“Ada beberapa produk olahan rendang, contohnya badaso rendang, asese rendang, pizza rendang, ini akan kita tingkatkan productnya, taste, promotion, dan packagingnya,” tutup Sandiaga singkat.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini