Share

Siap Sambut Wisatawan, Batang Gelar Simulasi Pembukaan Objek Wisata

Antara, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 406 2463089 siap-sambut-wisatawan-batang-gelar-simulasi-pembukaan-objek-wisata-cNAi1nq8NB.JPG Simulasi pembukaan wisata di Batang, Jawa Tengah (Foto: Antara)

PEMERINTAH Kabupaten Batang, Jawa Tengah, melakukan simulasi persiapan pembukaan objek wisata setelah di daerah itu masuk kategori pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3. Simulasi digelar di Batang Dolphin Center pada Minggu siang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santosa mengatakan, simulasi tersebut bertujuan mengetahui kesiapan para pelaku pariwisata setelah nantinya pemkab mengizinkan objek wisata dibuka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Kami diizinkan melakukan simulasi pembukaan objek wisata yang diutamakan di lokasi outdoor dulu. Apabila memang bisa ditingkatkan, kita bisa membuka lokasi tertutup dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat," tuturnya.

Ia yang turut didampingi Sekretaris Disparpora, Suprayitno mengatakan, hasil simulasi tersebut akan dilaporkan kepada Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk mendapatkan rekomendasi apakah objek wisata itu sudah layak dibuka atau belum.

Infografis Tips Traveling

"Selanjutnya menunggu instruksi Bupati Batang terkait diperbolehkan atau tidaknya membuka objek wisata," katanya.

Menurut dia, pihaknya segera melakukan pengecekan ke beberapa objek wisata untuk mengetahui kesiapan para pengelola wisata untuk ikut mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Sambil menunggu instruksi bupati, kami akan mengecek kesiapan objek wisata bisa dibuka. Apabila, memang belum siap maka kami belum mengizinkan dibuka bahkan bisa ditutup apabila diketahui melanggar prokes," katanya.

Staf Bagian Humas Batang Dolphin Center, Sutejo mengatakan, pihaknya siap mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah terkait dengan akan dibukanya objek wisata.

"Kami siap patuhi prokes secara ketat, termasuk dalam mengendalikan jumlah pengunjung ke lokasi objek wisata. Kami tidak berani melanggar aturan yang ditetapkan pemerintah agar semuanya berjalan lancar dan aman," katanya.

Sementara itu, Manajer Operasional Batang Dolphin Center, Oktavianus Bagus Danu Wijaya mengatakan, pihaknya akan menerapkan standar protokol kesehatan sejak pintu masuk objek wisata.

"Setiap pengunjung yang masuk objek wisata akan kami cegat. Sebelum masuk, kami ukur suhu tubuh, kemudian dicatat ke dalam daftar tamu lengkap dengan nomor teleponnya," kata Oktavianus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini