Sambangi Desa Wisata Saribu Gonjong, Sandiaga Soroti Masalah Infrastruktur dan Internet

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 406 2463145 sambangi-desa-wisata-saribu-gonjong-sandiaga-soroti-masalah-infrastruktur-dan-internet-a833TGxgRQ.JPG Desa Wisata Saribu Gonjong di Sumbar (Foto: MNC Portal/Pradita)

SEBANYAK empat desa di Sumatera Barat masuk 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Keempat desa itu yakni Desa Wisata Apar, Desa Wisata Sungai Batang, Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu dan Desa Wisata Saribu Gonjong.

Berkesempatan mengunjungi langsung Desa Wisata Saribu Gonjong, di Kabupaten Limapuluh Kota, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengakui jika desa wisata satu ini punya keunikan dan keindahan tersendiri.

Sebab, rumah-rumah penduduk Desa Saribu Gonjong memang terjaga keasliannya yaitu berbentuk deretan rumah gadang lengkap dengan gonjong yang mana semuanya berderet rapi membentuk barisan menghadap ke Masjid Raya. Setiap rumah terdapat lima gonjong, sebagai simbol lambang dari rukun Islam.

"Budayanya sangat terjaga, begitu juga dengan keindahan alamnya. Terlihat sangat menyatu di desa wisata ini dengan kearifan lokalnya dan ini yang harus terus dijaga," kata Sandi.

Selain memiliki desa wisata adat, keunikan lainnya adalah di tiap rumah penduduk desa ada kebun jeruk Siam Gunuang Omeh yang ternyata memang jadi komoditas utama sumber ekonomi warga di sektor perkebunan.

Baca juga: Terkesan Kuliner Khas Tanah Datar, Ini Kata Sandiaga Uno

Sandiaga Uno kunjungi Desa Wisata Saribu Gonjong

(Foto: MNC Portal/Pradita)

Tak hanya potensi alam dan budaya, desa satu ini juga mempunyai nilai sejarah karena merupakan daerah penting saat Pemerintah Darurat Indonesia (PDRI) di masa perjuangan kemerdekaan, sehingga tak heran masih banyak peninggalan-peninggalan sejarah perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan bisa ditemui di desa ini.

Namun, di balik segala potensi, keindahan dan keunikannya. Sandiaga justru menyoroti kurangnya infrastruktur menuju desa dan lemahnya akses komunikasi digital atau internet di desa yang meraih titel sebagai Kampung Adat Terpopuler II di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 tersebut.

Padahal, akses infrastruktur yang mumpuni ditambah sinyal internet yang optimal bukan hanya dapat memudahkan promosi desa wisata namun juga sekaligus bisa mendorong para pelaku ekonomi kreatif menuju digitalisasi.

“Mudah-mudahan infrastruktur bisa diperbaiki dan sinyalnya juga, sama-sama saya akan advokasi sebagai bentuk inovasi adaptasi dan kolaborasi untuk terbukanya lapangan kerja,” tuturnya.

Mendorong peningkatan kualitas Desa Wisata Saribu Gonjong, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melakukan pendampingan dalam peningkatan SDM ekonomi kreatif, peningkatan akses pasar, infrastruktur dan juga akses permodalan untuk produk-produk ekonomi kreatif dan pelaku ekonomi kreatif.

Terkait infrastruktur seperti jalan dan akses internet yang masih kurang, Bupati Limapuluhkota, Safaruddin Datuak Bandar mengatakan, pemerintah daerah sejauh ini sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk merealisasikan program tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini