Indahnya Pantai Pangasan, Wisata Eksotis di Pacitan yang Sempat Viral

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 408 2463514 indahnya-pantai-pangasan-wisata-eksotis-di-pacitan-yang-sempat-viral-M8pujDIHF5.jpg Pantai Pangasan di Pacitan, Jawa Timur (Instagram @wisata_jawatimur.ind)

PANTAI Pangasan di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur menawarkan pemandangan menakjubkan. Laut biru dengan tebing bebatuan yang indah jadi destinasi sempurna buat liburan.

Pantai Pangasan sempat viral di media sosial. Salah satu video yang beredar diunggah lewat akun TikTok @ferraasmarita0. Dalam klip tersebut diperlihatkan keindahan pantai di ujung barat daya Jawa Timur, dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sebelah selatan itu.

Baca juga:  5 Wisata Pantai di Pacitan, Pemandangannya Menawan Loh

Pantai ini menawarkan view yang cantik, dan memesona. Tak hanya hamparan pasir serta lautnya yang indah, tapi juga terdapat tebing-tebing. Masyarakat sekitar menamainya Gunung Lanang atau Bukit Lanang.

 

Di pinggir pantai terdapat pesawahan, serta bebatuan besar membuat pemandangannya semakin epik.

Spot tersebut menjadi landmark Pantai Pangasan. Sebenarnya, Gunung Lanang bukan gunung dalam arti sesungguhnya. Tempat ini seperti tanjung kecil yang terpisah dari daratan.

Baca juga: Menyusuri Gua Terindah di Asia Tenggara, Yuk Ikut!

Di sisi timur Pantai Pangasan, ada sungai yang menjadi batas dengan wilayah lain, yaitu Pantai Sangklehan, yang secara administratif masuk wilayah Desa Katipugal.

Menariknya pantai sangklehan berpasir hitam dengan batu-batu karang. Airnya sangat jernih. Dari pantai ini, pemandangan Gunung Lanang masih terlihat jelas.

Anda juga dapat menyaksikan Gunung Ganjuran dari sisi timur Pantai Sangklehan.

 Ilustrasi

Nah bagi Anda yang tertarik datang ke pantai ini, rutenya yaitu mulai dari kota Pacitan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 hingga 40 menit menuju Desa Kalipelus melalui jalur Lintas Selatan.

Setelah melewati Fly Over Gayam Anda diarahkan menuju Pasar Gayam, setelah itu memasuki gapura Desa Klesem. Kemudian Anda tinggal mengikuti petunjuk arah ke Pantai Pangasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini