Share

Menggali Potensi Geopark Ciletuh Melalui Pemberdayaan Masyarakat Lokal

Antara, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 406 2463669 menggali-potensi-geopark-ciletuh-melalui-pemberdayaan-masyarakat-lokal-NMm26UNwzL.JPG Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat (Foto: Instagram/@aldiyahyaa)

WAKIL Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menyebut program pemberdayaan masyarakat di Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar harus menjadi motivasi dalam upaya pengembangan geopark itu sendiri.

"Semua pihak harus bisa mencontoh dan termotivasi dengan program yang telah diluncurkan untuk warga yang tinggal di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Sebab, program ini sangat membantu Pemkab Sukabumi khususnya warga," katanya.

Menurut Iyos, objek wisata berkelas internasional khususnya di Kabupaten Sukabumi ini memiliki berbagai potensi wisata luar biasa dan bisa dimanfaatkan masyarakat yang tinggal di kawasan geopark, mulai dari sektor wisata, perikanan, kelautan, pertanian, olah raga hingga edukasi.

Baca juga: Jabar Pertahankan Status UNESCO Global Geopark untuk Ciletuh-Palabuhanratu

Potensi ini harus bisa digali sebaik mungkin dan menjaganya dari kerusakan. Tentunya, dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di geopark ini warga harus mendapatkan berbagai dukungan dan pendampingan dari berbagai pihak.

Berbagai program seperti peternakan, perikanan, pertanian hingga home stay (rumah singgah) baik melalui bantuan fasilitas maupun kredit modal usaha yang bunganya sangat ringan serta bisa tanpa agunan ternyata mampu mendongkrak pendapatan warga setempat.

"Warga maupun komunitas yang mendapatkan program ini juga tidak hanya sebatas memanfaatkan potensi geopark, tetapi diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan serta mencegah kerusakan berbagai objek yang ada di geopark," tuturnya.

Jika semua pihak khususnya badan usaha baik milik negara maupun swasta bisa mewujudkan program pemberdayaan dan pengembangan geopark, maka objek wisata yang merupakan informasi proses alam terbentuknya Pulau Jawa ini akan semakin mendunia.

Dampak positifnya ialah kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri akan semakin meningkat sehingga mendongkrak ekonomi masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini