Viral Rumah di Jepang Pakai Pintu Geser 4 Lapis, Netizen: Biar Maling Capek Bukanya!

Firziana Zahra, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 406 2463680 viral-rumah-di-jepang-pakai-pintu-geser-4-lapis-netizen-biar-maling-capek-bukanya-8p0eGeRPz0.JPG Pintu geser atau sliding doors di rumah-rumah Jepang (Foto: Quora)

MENGHADAPI cuaca panas jadi suatu masalah yang seringkali di hadapi di kota-kota padat seperti halnya Jakarta. Jika ingin membangun sebuah rumah, Anda mungkin mencari cara supaya di rumah kalian tidak terasa panas dengan udara yang ada di luar rumah.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda mungkin bisa menggunakan desain rumah sederhana seperti di Jepang. Ciri-ciri rumah Jepang dikenal berdaya guna tinggi, dengan mempertahankan aspek kesederhanaan yang bisa terlihat dari desainnya.

Salah satu desain rumah jepang yang unik yaitu terdapat taman kecil yang dibangun di tengah rumah, yang membuat konsep 'bringing outdoor to indoor', dengan adanya taman kecil ini bertujuan membuat sirkulasi udara menjadi lancar dan cahaya alami yang dapat masuk ke dalam rumah.

Sehingga, kebanyakan desain rumah jepang tidak menggunakan banyak jendela dan pintunya menggunakan pintu geser (sliding doors) atau disebut dengan shoji. Dengan menggunakan pintu geser, maka akan membuat sinar matahari bisa masuk di antara desain rumah.

Baca juga: Belanja Bahan Makanan Indonesia di Jepang Bareng Diera Nathania!

Berbicara soal pintu geser di Jepang, pengguna TikTok dengan akun @allstarsteven, memerlihatkan bagaimana sebuah rumah di Jepang memiliki konsep unik, yakni memiliki banyak lapisan sliding doors atau pintu geser.

“Hal luar biasa yang benar-benar normal di Jepang,” tulis Steven di awal video.

“Ada banyak pintu geser hanya untuk mendapatkan udara segar,” lanjutnya sembari membuka satu persatu pintu geser tersebut.

Dalam video singkat tersebut, nampak Steven membuka empat lapis pintu hingga pada akhirnya semua pintu terbuka dan ia menunjukkan view di luar jendela.

“Aku bahkan tidak tahu untuk apa semua pintu ini,” kata dia.

Video singkat yang diunggah pada 28 Agustus 2021 itu lantas viral dan ditonton sebanyak 700 ribu kali. Warganet yang dibuat bingung turut menerka-nerka maksud dari tujuan sang pemilik rumah.

“Membutuhkan 5 jam untuk membuka jendela. saat terjadi kebakaran,” sebut akun @mintyfresh555.

“Yang terakhir saya pikir untuk badai, topan, dan keamanan. Tidak 100 persen yakin. Rumah nenek saya di Jepang hanya memilikinya di lantai pertama,” tulis akun @littyrrr.

“Biar maling capek buka pintunya,” tulis @badboys.

“Untuk kedap suara. Di Jepang, Anda tidak bisa membuat kebisingan di malam hari dan mengganggu tetangga Anda, karena mereka memiliki hak untuk memanggil polisi,” timpal pemilik akun @komi_san.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini