Viral Pilot Nekat Terobos Badai Mengerikan, Videonya Bikin Jantung Mau Copot

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 406 2464363 viral-pilot-nekat-terobos-badai-mengerikan-videonya-bikin-jantung-mau-copot-eSasCCNjJd.JPG Pilot nekat terobos badai di AS (Foto: Facebook/The NOAA Hurricane Hunters)

SEBUAH video memperlihatkan suasana penerbangan di tengah cuaca buruk. Pilot asal Amerika Serikat (AS) nekat menerobos badai Ida yang kecepatan anginnya mencapai lebih dari 200 kilometer per jam. Pengambilan video tersebut sangat tidak dianjurkan untuk ditiru terutama bagi penerbang yang gugup.

Dalam beberapa hari terakhir, badai Ida telah menyapu wilayah Karibia dan negara bagian Louisana serta Mississippi di AS bagian selatan. Cuaca buruk masuk kategori 4 dengan laju dengan kecepatan angin hingga 230 km/jam.

Selama penerbangan misi penelitian, NOAA WP-3D Orion #NOAA43 Miss Piggy dengan sangat berani melintasi di atas Teluk Meksiko dan langsung masuk ke jalur badai Ida.

Pihak Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) kemudian memposting video menakjubkan itu. Terlihat kamera dipegang dengan tangan gemetar sementara pilot tampak terpental ke atas dan ke bawah saat mereka mencoba bertahan melawan turbulensi yang sangat kuat.

Baca juga: Pilot Wanita Ini Jawab Pertanyaan Netizen, dari Soal Kencan hingga Uang

Ini adalah 'pertempuran' yang dimenangkan pilot, manakala kokpit berhenti bergetar saat mencapai mata badai Ida. Mereka pun lega mencapai mata badai (yang berdiameter 25 hingga 50 kilometer), karena di situlah tekanan permukaan terendah ditemukan.

Akibat badai Ida, ribuan orang mengalami pemadaman listrik di New Orleans, dan di jalurnya telah menghancurkan rumah-rumah, bahkan membalikkan aliran Sungai Mississippi.

"Ini akan menjadi jauh lebih kuat daripada yang biasanya kita lihat dan, sejujurnya, jika Anda harus menyusun jalur terburuk yang mungkin untuk badai di Louisiana, itu akan menjadi sesuatu yang sangat, sangat dekat dengan apa yang terjadi. Kita (bisa) lihat,” ucap Gubernur Louisiana, John Bel Edwards, seperti diwartakan Indy100.

Meski melemah saat menghantam daratan dan diturunkan ke kategori 3, masih terdeteksi hembusan angin dengan kecepatan hingga 200 km/jam.

Presiden AS, Joe Biden berjanji jika ancaman badai berakhir, pemerintah akan siap membantu mereka yang terdampak musibah.

"Begitu badai berlalu, kami akan mengerahkan seluruh kekuatan negara untuk menyelamatkan dan memulihkan diri. Kami sudah siap semampu kami," tegas Biden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini