Gokil! Usai Hancurkan 3 Kapal, Walrus Berbobot 2 Ton Santai di Atas Speedboat

Nourma Salsha Nabilla, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 406 2464395 gokil-usai-hancurkan-3-kapal-walrus-berbobot-2-ton-santai-di-atas-speeboat-UnRLBZ9OmA.JPG Wally, walrus berbobot 2 ton yang kerap merusak kapal (Foto: AG News/Alamy Live News)

SEEKOR walrus Arktik berbobot 2.000 kilogram bernama Wally kerap membawa petaka bagi kapal yang melintas. Wally pertama kali muncul di Kepulauan Inggris pada akhir Juli dan kedapatan nampak asyik beristirahat di atas speedboot yang ditambatkan.

Di West Cork, Irlandia, Wally sudah menenggelamkan beberapa kapal dalam beberapa hari terakhir.

Dikutip Okezone dari laman News.com.au, sekarang tampaknya mereka telah menemukan solusi untuk memberi waktu istirahat bagi semua orang dengan memberikan mamalia laut itu sofa berukuran besar.

Awal bulan ini, permohonan dari Seal Rescue Ireland menyerukan sumbangan mendesak berupa platform untuk menjauhkan Wally dari kapal-kapal yang melintas.

“Kami mencari platform terapung sebagai tempat pengangkutan yang aman bagi walrus, sehingga ia dapat dipantau secara efektif, terlindungi dari gangguan, dan dicegah kerusakan properti,” demikian bunyi imbauan darurat SRI.

Diyakini telah melakukan perjalanan lebih dari 4.000 kilometer dari Svalbard, Norwegia utara, tidak heran Wally perlu beristirahat. Wally dilaporkan telah merusak tiga kapal yang sedang berlabuh di Dunnycove, Cork dalam waktu kurang dari sepekan, menurut Irish Times.

Baca juga: Ada Serigala Kabur, Kebun Binatang Ini Langsung Ditutup

Walrus

(Foto: AG News/Alamy Live News)

Namun, kehancuran yang tidak disengaja ini tidak menghentikannya untuk menjadi seorang selebriti. Wally tidak tinggal lama di satu tempat. Dia telah terlihat di Wales, Cornwall, Kepulauan Scilly dan Prancis bagian barat. Ia bahkan telah menjadi komoditi bisnis pariwisata lokal.

Pekan lalu, pemilik tempat tidur dan sarapan Cork, menyumbangkan perahu balon untuk tujuan tersebut. Ia meminta tukang perahu dan pembuat kayak untuk berbagi lokasi dengan Wally untuk memberinya ruang. Mereka bisa dengan mudah melacak Wally melalui tempat tidur terapung.

"Diharapkan ini dapat memancingnya menjauh dari kapal lain untuk mengurangi kerusakan properti, dan kami bekerja dengan masyarakat setempat untuk memantaunya di sana sampai dia cukup istirahat untuk melanjutkan perjalanan panjangnya,” kata Direktur Eksekutif SRI, Melanie Croce dalam sebuah pernyataan.

Ide pembuatan sofa terapung itu datang dari lembaga penyelamat kehidupan laut penyelam Inggris. Mereka membangun sofa terapung untuk walrus demi menghentikannya mengganggu aktivitas kapal di Kepulauan Scilly.

"Kami berharap setelah menghabiskan cukup waktu untuk memulihkan diri setelah bertamasya dari South Wales ke Scilly melalui Spanyol, bahwa ini adalah pertanda baik bahwa dia sekarang memiliki energi untuk kembali ke Kutub Utara," ujarnya.

Menurut data WWF, meski terlihat kuat, walrus Arktik rentan terhadap kepunahan. Sekitar 25.000 walrus Arktik masih tersisa di perairan Atlantik.

Namun, mereka jarang menjelajah lebih jauh ke selatan. Penyusutan es dan pemanasan global memicu ketidaknormalan kehidupan mereka. Tak heran jika mamalia laut ini kerap muncul di tempat-tempat tak terduga, seperti Spanyol.

“Setelah terancam oleh perburuan komersial, saat ini bahaya terbesar yang dihadapinya adalah perubahan iklim,” sebut WWF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini