Santuy Merokok, Bule Wanita Digelandang Polisi saat Pesawat Baru Landing

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 406 2464993 santuy-merokok-bule-wanita-digelandang-polisi-saat-pesawat-baru-landing-hjsXKTN4wS.JPG Ilustrasi (Foto: My Clinic)

SAAT Anda bepergian naik pesawat, terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi penumpang baik sebelum maupun saat lepas landas alias take off dari bandara. Hal itu juga berlaku saat pesawat hendak mendarat atau landing.

Salah satu dari deretan peraturan yang harus dijalankan, yakni penumpang dilarang merokok sekalipun di toilet pesawat.

Larangan merokok di pesawat, untuk kali pertama dipelopori oleh Amerika Serikat (AS) pada 1989 silam. Namun, ternyata peraturan tersebut seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang, seperti yang terjadi pada seorang penumpang wanita berikut ini.

Melansir laman Indy100, seorang wanita 'ditendang' dari pesawat maskapai Spirit Airlines setelah kabin dipenuhi asap rokok akibat ulahnya yang dengan santai merokok sesaat sebelum pesawat mendarat.

Baca juga: Gegara Jendela Pesawat, Penumpang Pria dan Wanita Bertengkar dalam Penerbangan

Wanita Bule Merokok di Pesawat

(Foto: TikTok/@beatrixtrifonova)

Pelaku berhasil direkam oleh pengguna TikTok Beatrix Trifonova, yang tentunya langsung dilaporkan saat mendarat di Fort Lauderdale, Florida, AS.

Bahkan, karena kejadian tersebut pelaku sampai dikawal oleh deputi yang bekerja untuk Distrik Bandara Kantor Sheriff Broward.

Adanya larangan merokok di pesawat dikarenakan sempitnya kabin pesawat. Sehingga, bau asap rokok jelas akan mengganggu penumpang lain.

Larangan merokok di pesawat, juga telah diterapkan di Indonesia. Hal itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 dan Program Keamanan Penerbangan Nasional pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia 80 Tahun 2017.

Peraturan tersebut kemudian diadopsi menjadi aturan baku oleh maskapai Tanah Air. Bahkan, bagi penumpang yang melanggar dapat terkena hukuman kurungan penjara lima tahun dan denda Rp2,5 miliiar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini