Gerbong Kereta Disulap Jadi Museum dan Kafe, Apa Daya Tariknya?

Antara, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 408 2464877 gerbong-kereta-disulap-jadi-museum-dan-kafe-apa-daya-tariknya-wwHV1KiKDo.JPG Gerbong kereta disulap jadi museum, resto dan kafe (Foto: Antara)

PT INKA (Persero) membuat kereta museum dan kafe yang terletak di kawasan gedung kantor bagian depan di Kota Madiun, Jawa Timur. Tujuannya guna mendukung pengembangan pariwisata di wilayah setempat.

Senior Manager PKBL, CSR, dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan, kereta museum dan kafe tersebut dibuat dari kereta prototipe 'Si Belo Kuda Troya' yang merupakan produk pertama buatan perseroan sekitar 1982.

"Kereta museum ini nantinya berfungsi sebagai tempat belajar, selain itu juga kafe dan restoran. Jadi tamu yang berkunjung bisa mampir. Di dalam sini juga ada bioskop atau mini teater yang berisi film dokumenter atau video tentang sejarah perkeretaapian maupun ilmu perkeretaapian," ujar Bambang.

Baca juga: Viral Naik Kereta Api dari Bandung ke Yogyakarta Rp25 Juta, Serasa Sultan!

Ia menjelaskan, konsep yang dibuat dari kereta museum dan kafe bernama 'Arum Dalu' tersebut adalah gabungan antara wisata, restoran, kafe, dan pendidikan. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api.

"Selain itu juga mengajak masyarakat agar mereka bisa mengetahui sejarah perkeretaapian di Indonesia," tuturnya.

Pihaknya lanjut Bambang, menginginkan agar inovasi tersebut ke depan mampu mendongkrak perekonomian yang terpuruk, sekaligus sebagai bentuk dukungan perseroan selaku BUMN untuk menciptakan destinasi wisata baru di wilayah Kota Madiun.

Sedangkan, kereta museum dan kafe tersebut juga akan bersinergi dengan armada bus wisata milik Pemkot Madiun sehingga nantinya lokasi itu bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata edukasi di wilayah setempat.

Di lokasi setempat juga disediakan tempat khusus bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini