Cantiknya Sanghyang Heuleut, Kolamnya Para Bidadari

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 408 2465022 cantiknya-sanghyang-heuleut-kolamnya-para-bidadari-Im18CaqRa4.jpg Sanghyang Heuleut di Bandung Barat (Instagram @wahyumulyadi01)

SANGHYANG Heuleut menawarkan pemandangan menakjubkan. Kolam alami terpencil dengan air kobalt terletak di kawasan Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Objek wisata alam ini dijuluki sebagai kolamnya para bidadari.

Menurut akun TikTok @bintanradhita, Sanghyang Heuleut cocok bagi Anda yang ingin mencari suasana baru dan ketenangan, karena lokasi ini agak jauh dari perkotaannya.

Baca juga: Eksotisnya Sanghyang Heuleut, Wisata Alam Tersembunyi di Bandung Barat

Untuk menuju Sanghyang Heuleut, Anda harus berjalan sekitar 1 jam atau 5 kilometer dari tempat parkiran. Anda akan melewati tebing-tebing, dan pepohonan hijau.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan eksotis. Terdapat kolam danau bewarna hijau toska, airnya juga bersih dan bisa dipakai untuk mandi, lho.

Kolam danau ini memiliki kedalaman sampai tiga meter. Apabila Anda datang pada musim kemarau, maka warna dari air tersebut akan lebih cantik.

 

Selain itu, terdapat juga bebatuan besar seperti tebing dan di setiap celahnya keluar air. Sekilas nampak seperti air terjun mini.

"Waktu terbaik adalah jam 7 pagi dan 11 siang," kata Bintan.

Baca juga:  Menguak Misteri Gua Pawon, Jejak Manusia Purba hingga Legenda Sangkuriang

Oh iya, objek wisata Sanghyang Heuleut ini terbentuk dari letusan gunung berapi purba pada masanya, Gunung Sunda namanya. Kemudian akibat letusan yang dahsyat, menghasilkan bebatuan besar yang membentuk tebing dan termasuk kolam purba.

Kemudian di tengah tebing itu terdapat sebuah cekungan. Lalu air yang keluar di antara celahnya merupakan aliran dari Sungai Citarum, dan terbentuklah Sanghyang Heuleut. Konon ini adalah kolamnya bidadari.

Bagi Anda yang ingin berenang, jangan lupa membawa pakaian ganti. Jika ingin lebih aman, di tempat ini juga menyediakan penyewaan pelampung yang dibanderol Rp20 ribu perorangnya.

Selain itu, jangan lupa membawa bekal agar Anda tidak kelaparan dan kehausan. Akan tetapi jika tidak sempat, di sekitar Sanghyang Heuleut terdapat warung kecil yang menjual makanan-makanan untuk mengganjal perut.

 Ilustrasi

Sementara itu, tiket masuk ke Sanghyang Heuleut hanya Rp10 ribu perorangnya. Setelah itu Anda bisa langsung masuk menelusuri hutan untuk sampai di tujuan.

Nah, jika Anda tertarik datang ke Sanghyang Heuleut bisa mulai star dari Kota Bandung. Kemudian ambil tol sebagai jalan alternatif, jaraknya sekitar satu setengah jam.

Sekarang ini wisata Sanghyang Heuleut masih ditutup sementara karena PPKM. Jika mau berkunjung, tunggu dibuka dulu ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini