Hobi Traveling? Simak Nih Tips Menabung ala Gita Savitri

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 549 2465193 hobi-traveling-simak-nih-tips-menabung-ala-gita-savitri-NRxm9rTUCG.JPG Ilustrasi Traveling (Foto: Freepik)

TRAVELING memang jadi keinginan banyak orang. Bisa berkunjung dan menjelajahi negara-negara yang menjadi tujuan tentu akan sangat menyenangkan.

Namun, liburan ke luar negeri tidak melulu harus mahal dan menunggu sampai kaya lho!. Bahkan dengan penghasilan yang ada, Anda juga bisa menikmati liburan. Hal terpenting adalah bagaimana mengelola keuangan itu.

Salah satu konten kreator YouTube, Gita Savitri berbagi tips seputar menabung untuk traveling.

Dalam unggahan videonya bersama Paul Partohap, Gita Savitri berbagi pengalaman bagaimana tips menabungnya. Berikut tips menabung untuk traveling.

Sisihkan pendapatan 10 persen

Tips pertama, mulailah dengan menyisihkan dari pendapatan minimal sebanyak 10 persen sebagai dana tabungan untuk liburan. Jumlah ini tidak harus menjadi patokan seberapa besarnya. Namun, bila memang sedang tidak banyak pengeluaran, bisa menabung dana lebih dari 10 persen.

Potong pengeluaran tak penting

Dalam hal ini, dana yang dikeluarkan untuk hal-hal yang kurang penting dan bukan prioritas bisa Anda kurangi. Misalnya, nongkrong di kafe dan minum kopi, serta membeli barang-barang yang belum tentu dibutuhkan. Seperti yang kita tahu, segelas kopi di kafe memiliki harga yang cukup fantastis.

Baca juga: Permintaan Perjalanan Mulai Tinggi, Harga Tiket Pesawat Naik hingga 100%

Infografis Tips Traveling

Cut off membership

Kamu punya keanggotaan tetap atau menjadi member? Seperti menjadi anggota tetap dalam sebuah club olahraga. Jika Anda tipe orang yang jarang berolahraga dan tidak selalu menggunakan keanggotaan ini, bisa di-cut off dari pengeluaran.

Dengan begitu, dana tersebut bisa dialihkan untuk menabung. Sebagai gantinya, bisa berolahraga yang tidak memakan biaya, seperti jogging.

Beli barang sesuai kemampuan

Tips yang satu ini membiasakan diri supaya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi keuangan. Jangan sampai dana yang seharusnya ditabung, tetapi terpakai untuk membeli barang yang bukan menjadi prioritas.

Bila Anda termasuk tipe yang tidak bisa menahan diri untuk membeli, bisa lakukan dengan tidak memiliki kartu kredit atau membeli barang dengan sistem cicilan. Namun, jika ingin mengambil cicilan barang, pastikan untuk memiliki cicilan maksimal 50 persen dari pendapatan.

Investasi deposito

Deposito merupakan produk investasi dengan menyimpan uang yang disediakan oleh bank dan memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya tidak bisa ditarik oleh nasabah. Biasanya memiliki jatuh tempo 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Dengan invetasi deposito ini, akan ada disposable income dan tingkat pengembalian investasi lebih tinggi dari tabungan.

Beli barang saat bukan musimnya

Saat akan pergi berlibur, membeli perlengkapan untuk kebutuhan memang hal yang penting. Namun, jika berkunjung ke negara yang memiliki 4 musim, seperti musim dingin.

Pastikan Anda sudah punya jaket tebal atau sweater untuk dipakai selama di sana, ya. Dan jika belum, jangan membeli di saat musim dingin karena akan memakan biaya yang cukup mahal.

Riset negara tujuan

Melakukan riset dan menggali informasi tentang negara tujuan bisa kamu coba, lho. Dengan hasil riset inilah bisa mendapatkan informasi seputar penginapan, transportasi, dan makanan sehingga sesuai dana yang telah disiapkan.

Solo Traveling

(Ilustrasi, Foto: Tourbar)

Baca juga: Nikmatnya Orang Eropa Bisa Kerja Sambil Liburan, Rasanya Menyenangkan!

Dalam videonya, Gita dan Paul merekomendasikan menggunakan situs numbeo.com untuk mengecek dana yang harus disiapkan ke negara tujuan.

Akomodasi

Tips selanjutnya dari Gita dan Paul adalah membeli kebutuhan untuk akomodasi, seperti tiket pesawat melalui situs resmi maskapai penerbangan karena lebih murah dan terpercaya. Tak hanya itu, Paul juga menyarankan untuk mengambil penginapan melalui Airbnb.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini