Share

Sulawesi Barat Bakal Tonjolkan Potensi Pariwisata di HUT Ke-17, Apa Saja?

Antara, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 406 2465461 sulawesi-barat-bakal-tonjolkan-potensi-pariwisata-di-hut-ke-17-apa-saja-YP2nayvv49.JPG Pantai Dato, salah satu potensi wisata bahari di Majene, Sulawesi Barat (Foto: Instagram/@mayaoktaviia)

HARI Ulang Tahun (HUT) ke-17 Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akan dijadikan momentum untuk menonjolkan berbagai ragam budaya dan potensi wisata daerah itu. Demikian disampaikan Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris.

"Nuansa penyelenggaraan kali ini, kita lebih mendorong pada pengembangan sektor strategis pariwisata. Intinya, kita ingin menghimpun semangat para pelaku usaha untuk melakukan feedback atau keberhasilan dalam memajukan daerah kita ini, yang baru saja dilanda bencana," kata Muhammad Idris.

Perayaan hari jadi provinsi ke-33 pada 22 September 2021 itu, akan dipusatkan di Buttu Ciping, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar.

Alasan dipilihnya Buttu Ciping sebagai lokasi perayaan HUT Sulbar tahun ini menurut Muhammad Idris, karena merupakan satu-satunya tempat terdapat bangunan besar milik provinsi yakni, taman budaya atau Museum Buttu Ciping.

Baca juga: Melestarikan Budaya Mandar Melalui Festival Kota Tua Majene

"Kalau di Mamuju kita tidak mempunyai tempat. Walaupun pembangunan gedungnya belum selesai, tapi kami akan melakukan kunjungan untuk mempercepat pembangunannya," ujar Muhammad Idris.

Sekprov menyampaikan, berbagai rangkaian acara akan digelar, di antaranya sidang paripurna, pemberian penghargaan individu atau organisasi yang berjasa dalam memajukan Provinsi Sulbar serta pameran UMKM.

"Pameran UMKM pada perayaan HUT ke-17 Provinsi Sulbar ini bertujuan mendorong dan mengapresiasi usaha-usaha masyarakat, Selain itu, juga akan digelar berbagai atraksi budaya, di antaranya Sayyang Pattu'duq atau kuda menari," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Pergelaran berbagai kegiatan budaya lokal ini, juga sebagai upaya mempromosikan berbagai potensi pariwisata yang dimiliki Sulbar," terang dia.

Messawe, tradisi budaya khas Suku Mandar

(Messawe, tradisi budaya khas Mandar/Foto: Okezone)

Sekprov juga menyatakan bahwa perayaan HUT ke-17 Sulbar tersebut dilaksanakan dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan, salah satunya membatasi tamu undangan yang akan hadir.

"Tamu undangan yang akan hadir dibatasi, setengah dari kapasitas gedung itu sendiri. Kapasitas tempatnya itu cukup menampung 450 orang, jadi setengahnya saja. Kita berharap semua bisa hadir untuk memeriahkan, namun di kondisi seperti saat ini kita juga tidak ingin menyalahi protokol kesehatan yang ada," jelas Muhammad Idris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini