Australia Larang Warganya Traveling ke Luar Negeri saat Libur Natal

Lina Sharfina, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 406 2465516 australia-larang-warganya-traveling-ke-luar-negeri-saat-libur-natal-S3SGKAlOJO.JPG Pelancong asal Australia tiba di Bandara Internasional Sydney (Foto: Getty Images)

PUKULAN telak dirasakan warga Australia yang berharap dapat pelesiran ke luar negeri saat liburan Natal Desember mendatang.

Hal itu dikarenakan negara memperpanjang larangan perjalanan internasional hingga 17 Desember paling cepat, kendati 80 persen warga Australia divaksinasi serta tidak adanya pembatasan wilayah.

Menyitir laman Dailymail, Menteri Kesehatan Federal, Greg Hunt menyatakan, negara awalnya mengizinkan perjalanan internasional setelah 80 persen orang berusia di atas 16 tahun divaksinasi penuh terhadap Covid-19. Namun, nampaknya Pemerintah Federal tidak akan merealisasikan wacana itu hingga target ambisius tercapai tahun ini.

Hunt mengungkapkan, Undang-undang Bio-Keamanan yang melarang perjalanan keluar telah diperpanjang selama tiga bulan mulai 17 September nanti. “Kami telah memperpanjang perlindungan bio-keamanan hingga 17 Desember sesuai dengan saran medis," ucap Hunt.

Baca juga: Yvonne Pope Sintes, Mantan Pramugari yang Jadi Pilot Wanita Pertama di Inggris

Infografis Tips Traveling

“Itu secara khusus mencakup pengujian pra-penerbangan dan masker untuk kedatangan di luar negeri dan pembatasan yang ada diperpanjang untuk kapal pesiar, perjalanan keluar dan gerai ritel di terminal internasional," paparnya.

Australia dapat mengadopsi sistem lampu lalu lintas ala Inggris yang menilai negara-negara zona merah, kuning atau hijau tergantung pada tingkat infeksi Covid-19 dan tingkat vaksinasi mereka.

Di Inggris, pelancong dari negara merah harus menunjukkan tes negatif Covid-19 dan melakukan karantina hotel 10 hari.

Sedangkan mereka yang berasal dari negara kuning harus tes negatif dan karantina rumah selama 10 hari kecuali divaksinasi sepenuhnya.

Perdana Menteri New South Wales (NSW), Gladys Berejiklian mengatakan, Ia kemungkinan akan mengizinkan karantina rumah di NSW untuk warga Australia yang kembali dari luar negeri setelah tingkat vaksinasi 70 persen tercapai.

“Begitu kami mencapai 70 persen dosis ganda, kami akan memikirkan, jika tidak sebelumnya, bagaimana kami memperlakukan orang yang dikarantina ketika mereka pulang," kata Gladys.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini