Lewat Program Kata Kreatif, Sandiaga Optimis UMKM Lokal Naik Kelas

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu 04 September 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 406 2465810 lewat-program-kata-kreatif-sandiaga-optimis-umkm-lokal-naik-kelas-kskfmG0TsY.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (MPI/Siska)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno percaya bahwa UMKM dapat berkontribusi besar dalam membangkitkan ekonomi kreatif Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, pihaknya memiliki program-program khusus untuk para pelaku ekonomi kreatif.

Salah satunya melalui program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (Kata Kreatif). Dia mengatakan, program ini adalah upaya untuk menggandeng para pelaku UMKM agar ‘naik kelas’.

Baca juga:  Sandiaga Uno Ajak Pelaku Ekraf di Padang Perkuat Kolaborasi

“Workshop (Kata Kreatif) ini kita lakukan dengan pendekatan pelatihan dan pendampingan, serta akses terhadap perizinan yang dipermudah, dan kemudahan untuk mendapatkan permodalan,” kata Sandiaga Uno di acara Workshop KaTa Kreatif Kota Jakarta Barat di Pullman Hotel Central Park, Grogol, Jakarta Barat, Jumat (3/9/2021).

 

Selain itu, workshop yang diadakan ini dapat meningkatkan potensi, peluang, serta kreativotas dari para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta Barat.

“Jakarta Barat ini memiliki keunikan dan peluang sentra ekonomi kreatif yang bisa terus dioptimalkan. Ini berkontribusi juga untuk menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

Baca juga:  Sandiaga Uno Dorong Masyarakat Jadi Entrepreneur dengan Optimalkan Digitalisasi

Dia berharap dengan program Kata Kreatif ini dapat membuat para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya UMKM, dapat naik kelas serta bersaing. “Seandainya saja, ada 10 persen yang bisa disentuh dengan program Kata Kreatif, maka kita bisa mencetak 20 ribu sampai 25 ribu UMKM kita yang siap naik kelas,” kata Sandiaga.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini