Mengintip Candi Raksasa di Tengah Hutan Gunung Klotok Kediri, Peninggalan Abad 14

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 05 September 2021 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 04 408 2466170 mengintip-candi-raksasa-di-tengah-hutan-gunung-klotok-kediri-peninggalan-abad-14-Tlnye4o0av.jpg Ekskavasi Candi Klotok di Keluruhan Pojok, Kota Kediri, Jawa Timur (Antara)

GUNUNG Klotok di Kabupaten Kediri, Jawa Timur menyimpan sejumlah benda peninggalan sejarah seperti patirtan (sumber mata air) hingga candi. Ada candi di tengah hutan di area pendakian menuju puncak Gunung Klotok yang masuk Kelurahan Pocok, Kecamatan Mojoroto, Kediri.

Baca juga: Wisata Candi Jawi, Jejak Kerajaan Singasari & Relief yang Menyisakan Misteri

Untuk mencapai Candi Klotok, perjalanannya cukup melelahkan dengan jalur pendakian yang menanjak. Candi Klotok berada di dekat area wisata Gua Selomangleng, yang juga dikenal sebagai destinasi wisata sejarah di Kota Kediri.

Dilansir dari channel Youtube Kuno Brono, Sabtu (4/9/2021), candi tersebut diduga merupakan sebuah bangunan peninggalan Kerajaan Kadhiri.

 

“Jadi ini adalah candi yang berada di puncak Gunung Klotok. Ini merupakan candi peninggalan kerajaan Kediri yang masih ada sampai sekarang”, ujar sang vlogger menjelaskan.

Baca juga:  Candi Plaosan Dibersihkan, Ekskavasi Parit Kuno Jalan Terus

Sementara menurut literatur lain disebutkan bahwa Candi Klotok tersebut merupakan bangunan yang didirikan pada abad ke 14.

Karena berada di tengah hutan, bangunan candi tersebut dikelilingi oleh daun dan rerumputan yang menutupi bagian atas candi.

Bagian yang tersisa adalah kaki dan pondasi candi yang tersusun dari batu bata merah berukuran jumbo. Adapun ukuran batu tersebut setara dengan 3 jengkal tangan orang dewasa.

Selain itu, dalam bebatuan tersebut tampak sebuah relief yang menandakan bahwasanya bangunan tersebut merupakan sebuah candi.

 Ilustrasi

Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Nugroho Harjo Lukito mengatakan bahwa candi tersebut saat ini masih dalam tahap ekskavasi atau penggalian ketiga.

Proses ekskavasi selanjutnya dari situs yang terdapat di Gunung Klotok ini rencananya akan kembali dilanjutkan tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini