Wisata Gunung Bromo Dibuka Hanya Lewat Satu Pintu, Ini Alasannya

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 406 2467100 wisata-gunung-bromo-dibuka-hanya-lewat-satu-pintu-ini-alasannya-iqCkmNJzLQ.jpg Kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur (Instgaram @tyamgl)

KAWASAN wisata Gunung Bromo Semeru di Jawa Timur kembali dibuka untuk wisatawan, setelah ditutup sejak diberlakukan PPKM Darurat. Tapi, pembukaannya hanya lewat satu pintu yakni di Kabupaten Pasuruan.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) meliputi lima kabupaten; Pasuruan, Malang, Probolinggo, dan Lumajang. Tapi, pintu masuk hanya dibuka via Pasuruan.

Baca juga:  Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka, Begini Aturan untuk Pengunjung

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, dari empat kabupaten penyokong wilayah TNBTS, hanya Pasuruan saja yang boleh membuka akses wisatawan menuju Wisata Bromo.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan BB TNBTS, hanya tiga spot wisata yang boleh dikunjungi wisatawan di kawasan Wisata Gunung Bromo.

"Sesuai pengumuman yang dibuka hanya pintu masuk Pasuruan, dan itu pun di tiga view point yang disebutkan di pengumuman," ucap Sarif saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Senin (6/9/2021).

Sarif menambahkan, pembukaan kawasan wisata Gunung Bromo ini diberlakukan sejak SE bertanggal 6 September 2021 tersebut keluar.

Ia beralasan dari empat kabupaten penyokong wilayah TNBTS, hanya Kabupaten Pasuruan yang telah turun ke PPKM level 2.

Di mana sesuai SE Satgas Penanganan Covid-19 yang dikeluarkan pada 31 Agustus 2021 lalu, Kabupaten Pasuruan memang telah turun pada PPKM level 2.

"Betul, karena sesuai surat dari Gugus Tugas Covid-19 hanya Kabupaten Pasuruan masuk level 2 dan rekomendasinya untuk level 2, sehingga wisata diperkenankan dengan kuota 25 persen," terangnya.

Baca juga:  Kawasan Bromo Tengger Semeru Diselimuti Salju, Suhunya Dingin Banget

Sarif menambahkan tiga spot wisata yang boleh beroperasi yakni Spot Penanjakan, Bukit Cinta, dan Bukti Kedaluh. Pihaknya juga memastikan secara sistem pemesanan tiket di pintu lain selain di Kabupaten Pasuruan, akan tertutup. Mengingat selama ini TNBTS telah menerapkan sistem dan pembayaran tiket masuk secara online.

"Di sistem booking untuk pintu masuk, selain Pasuruan kami close, sehingga di tiket pun tertera pintu masuk Pasuruan, pintu masuk lainnya masih tutup," katanya.

Namun demikian, untuk memastikan pintu masuk di tiga kabupaten lain tak diterobos wisatawan yang nekat masuk, sejumlah petugas telah disiapkan untuk berjaga.

"Petugas berjaga di pintu masuk selama 24 jam, untuk memastikan tidak ada kunjungan selain pintu masuk di Pasuruan, sesuai perintah dan kebijakan di pengumuman tersebut," tandasnya.

 Ilustrasi

Sebagi informasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru telah menutup operasionalnya sejak diberlakukan PPKM darurat pada 3 Juli 2021. Selama perpanjangan PPKM dan mengubah istilah menjadi PPKM sejumlah aktivitas wisata di Bromo Tengger Semeru pada empat kabupaten tertutup total.

Hal ini sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang tak memperbolehkan tempat wisata di wilayah yang menerapkan PPKM level 4 dan 3 beroperasi. Sedangkan untuk PPKM level 2, pemerintah pusat mengizinkan tempat wisata beroperasi dengan pembatasan pengunjung maksimal 25 persen, dari kapasitas total tempat wisata tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini