Mitos Air Terjun Madakaripura, Konon Dijaga Siluman Harimau Putih Khodam Gajah Mada

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Senin 06 September 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 408 2466774 mitos-air-terjun-madakaripura-konon-dijaga-siluman-harimau-putih-khodam-gajah-mada-vQL5AnQhSK.JPG Air Terjun Madakaripura di Probolinggo, Jawa Timur (Foto: Instagram/@airterjunmadakaripura)

JAWA Timur memang terkenal dengan objek wisata alam yang alami dan asri. Sebut saja Gunung Bromo dan Kawah Ijen yang sangat populer, bahkan hingga ke mancanegara. Namun, air terjun satu ini tak kalah eksotis seperti objek wisata lainnya.

Namanya Air Terjun Madakaripura yang berlokasi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tepatnya terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Meski begitu, keberadaan air terjun ini masih banyak belum diketahui oleh banyak orang.

Berada di lereng Gunung Bromo, terdapat surga tersembunyi, yaitu Air Terjun Madakaripura yang merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Dengan ketinggian 200 meter membuat suasana di air terjun ini begitu sejuk dan teduh.

Sebelum sampai di Air Terjun Madakaripura, memerlukan waktu tempuh kurang lebih satu jam dengan menyusuri hutan terlebih dahulu. Keunikan air terjun ini adalah bentuknya yang melingkar dan menyerupai seperti gua.

Baca juga: Seram, Tamu Ini Diganggu Arwah Wanita yang Dibunuh di Hotel Angker Surabaya

Air Terjun Madakaripura

(Foto: Instagram/@airterjunmadakaripura)

Bentuk tebing yang mengelilingi Air Terjun Madakaripura seperti ceruk ini membuat pengunjung merasa seolah-olah berada di dalam botol. Tak hanya itu, guyuran air di air terjun ini hampir berada di seluruh bagian tebing.

Selain keunikannya, Air Terjun Madakaripura menyimpan mitos yang telah melekat dan sejarah yang panjang. Konon, penamaan air terjun ini berkaitan erat dengan Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Madakaripura berasal dari tiga nama, yakni Mada diambil dari nama gajah. Kari memiliki arti peninggalan, sedangkan Pura berarti sembahyang atau semedi. Secara keseluruhan Madakaripura bermakna gajah yang sedang meninggal di kala sembahyang.

Menurut cerita warga sekitar, Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya di Air Terjun Madakaripura sampai akhir hayatnya untuk bersemadi dan merenungi perbuatannya setelah membunuh ratusan orang di Kerajaan Sunda Galuh.

Mitos lainnya adalah pengunjung sudah harus pulang sebelum jam 2 siang. Berdasarkan kepercayaan warga sekitar, bila lebih dari jam 2 siang, hujan akan turun tiba-tiba dan membuat debit air naik. Tentu saja ini sangat berbahaya bagi pengunjung.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Paling Horor di Indonesia, Bikin Merinding!

Kemudian, terdapat mitos munculnya harimau putih di sekitar kawasan Air Terjun Madakaripura. Konon, dulu sering terlihat adanya harimau putih ini. Harimau putih ini pun dipercaya sebagai penunggu air terjun yang memiliki hubungan khusus dengan Patih Gajah Mada oleh warga sekitar.

Sosok mistis ini kerap menunjukkan dirinya di beberapa bagian Air Terjun Madakaripura. Namun, seiring air terjun ini ramai pengunjung, penampakan harimau putih ini mulai tidak terdengar lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini