Sensasi Berenang di Kolam Alami dalam Gua, Udah Pernah Nyobain?

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 408 2467159 sensasi-berenang-di-kolam-alami-dalam-gua-udah-pernah-nyobain-qK3SUchnSv.JPG Pesona kolam alami di Gua Hawang, Maluku Tenggara (Foto: Instagram/@indonesia_wonderful76)

BERENANG merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan, selain untuk menyehatkan tubuh, renang juga bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal dan baik untuk kesehatan jantung. Namun, berenang di kolam renang sudah biasa. Apa jadinya jika merasakan sensasi renang di dalam gua?

Berikut 4 objek wisata alam tempat renang sekaligus menyelam di dalam gua sebagaimana dirangkum Okezone.

Gua Hawang, Maluku Tenggara

Jika bosan renang di kolam biasa, Goa Hawang atau disebut Air Goa mungkin bisa dicoba. Wisata alam yang berada di Desa Letvuan ini menawarkan kejernihan air sekaligus panorama yang indah.

Berjarak kurang lebih 15 km dari Langgur (Ibu Kota Maluku Tenggara), supaya bisa sampai harus menelusuri jalan setapak yang menurun.

Gua Hawang di Maluku Tenggara

(Foto: Instagram/@ederzacharias)

Kejernihan air di Goa Hawang bak kaca bening, bahkan bisa langsung melihat dasar gua yang sepenuhnya air. Tak hanya airnya yang jernih, kesegaran dan kesejukannya mampu memanjakan setiap pengunjung yang datang.

Gua Rangko, NTT

Objek wisata alam selanjutnya berada di Nusa Tenggara Timur, namanya Gua Rangko yang berada di Desa Rangko. Di Gua Rangko ini pula bisa menikmati rasanya berenang seperti di kolam pribadi, hal ini dikarenakan masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaannya.

Gua Rangko

(Foto: Instagram/@il_rosso)

Daya tarik dan pemandangan alamnya tentu mampu menyejukkan mata. Tak seperti air pada gua umumnya, air di Gua Rangko adalah air asin yang diduga berasal dari laut yang masuk melalui celah atau rongga-rongga yang ada.

Jika berkunjung ke Gua Rangko, waktu terbaik adalah pukul 12.00 hingga 14.00 WITA. Suasana gua yang tidak gelap karena matahari belum terbenam, membuat air terlihat sangat biru dan jernih.

Gua Kolam Renang, Sulawesi Tenggara

Sulawesi juga punya kolam alami yang cantik, salah satunya berada di Pulau Labengki, yakni Gua Kolam Renang. Dinamakan kolam renang karena dalamnya yang seperti kolam renang sungguhan. Kedalaman air di gua ini bervariasi, bahkan ada yang mencapai 2 meter.

Gua Kolam Renang di Sultra

(Foto: liburansari)

Keindahan Gua Kolam Renang masih ditambah dengan adanya stalaktik dan stalakmit yang menghiasi di pinggir-pinggir gua dan langit gua. Air kolam di gua ini juga sangat jernih dan dingin. Meski begitu, tetap hati-hati ya saat menyelam karena banyak batu-batu yang tajam.

Gua Halo Tabung, Derawan, Kaltim

Selanjutnya ada dari Kalimantan Timur, tepatnya berada di Pulau Maratua, salah satu pulau yang ada di Kepulauan Derawan.

Namanya Gua Halo Tabung, begitu berada di sini, pengunjung akan disambut dengan hijaunya pemandangan sekitar dan suara-suara dari jangkrik.

Gua Halo Tabung, Derawan

(Foto: exploreindonesia)

Kejernihan air di Gua Halo Tabung tak perlu diragukan lagi. Airnya pun berwarna biru kehijauan, pas banget untuk menikmati suasana yang sejuk dan melepas penat dari sibuknya ibu kota. Dan dari permukaan gua, pengunjung bisa melihat semacam alur di dasar gua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini