Panda Raksasa Melahirkan Sepasang Bayi Kembar, China Kirim Pakar Persalinan

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 406 2467619 panda-raksasa-melahirkan-sepasang-bayi-kembar-china-kirim-pakar-persalinan-0mottkD7wN.jpg Ilustrasi panda (Freepik)

KELUARGA panda di Madrid, Spanyol, bertambah setelah sepasang panda raksasa melahirkan sepasang bayi kembar pada Senin 6 September 2021 pagi.

Kebun Binatang Madrid menyatakan bayi panda kembar ini dilahirkan oleh Hua Zuiba, dengan ayah Bing Xing; sepasang panda raksasa pinjaman dari China. Kelahiran kedua bayi panda tersebut terpaut selama empat jam.

Baca juga: China Berhasil Bikin Panda Tak Lagi Terancam Punah, Apa Kuncinya?

Dokter hewan sedang menunggu untuk mengetahui jenis kelamin, berat badan dan tanda-tanda vital bayi kembar itu. Namun pernyataan kebun binatang itu menyatakan pengalaman sang ibu panda sebelumnya membuat proses kelahiran berlangsung “lebih tenang.”

Dalam video yang dirilis kebun binatang itu, tampak Hua Zuiba mengeluarkan suara-suara ketika pindah ke posisi persalinan. Bayi panda lahir tanpa rambut dengan kulit merah muda, dan sepenuhnya tergantung pada ibu mereka setidaknya selama empat bulan pertama.

Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding di Tiongkok mengirim dua pakar untuk persalinan panda ke Madrid, dan mereka akan membantu minggu-minggu pertama masa menyusui.

Baca juga: Lama Menjomblo, Panda Ini Akhirnya Bercinta dengan Shin Shin

Upaya konservasi, termasuk penangkaran panda, telah membantu panda-panda raksasa yang sebelumnya berada di ambang kepunahan. Kelompok Konservasi Alam Internasional (IUCN) telah mendaftar spesies panda ini sebagai “rentan.”

Ada sekitar 1.800 ekor panda yang hidup di alam liar di Tiongkok, dan sekitar 500 ekor di penangkaran di seluruh dunia, di mana kelahiran kembar kerap terjadi.

Panda di Kebun Binatang Beauval, di selatan Paris, Agustus lalu juga melahirkan bayi kembar.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini