Terumbu Karang Besar Berusia 600 Tahun Ditemukan di Arab Saudi

Salman Mardira, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 406 2467682 terumbu-karang-besar-berusia-600-tahun-ditemukan-di-arab-saudi-NEwDIg9Orq.jpg Koloni karang di Pulau Al-Waqadi, Arab Saudi (Foto SPA via Arab News)

TERUMBU karang berusia 600 tahun berukuran lebih dari 10 meter telah ditemukan di selatan Pulau Al-Waqadi, Arab Saudi.

Perusahaan Pengembangan Laut Merah mengatakan bahwa penemuan itu, oleh tim ilmuwan kelautan dan pakar lingkungan, adalah yang pertama dari jenisnya di wilayah Laut Merah.

Baca juga: Banyak Terumbu Karang Mati karena Penyakit Misterius Seperti COVID-19, Pariwisata Terancam

Kantor berita Saudi Press Agency melaporkan bahwa usia terumbu karang diperkirakan dengan mengukur ukuran dan jumlah cincin yang tumbuh setiap tahun di struktur luar koloni, selain keberadaan kayu merah raksasa.

Ilustrasi

Koloni ini merupakan referensi sejarah abad-abad yang lalu dan, melalui pembacaan ilmiah terhadap cincin terumbu karang, para ilmuwan akan dapat mengetahui suhu laut pada tahun-tahun sebelumnya serta komposisi kimianya pada waktu itu.

Melansir dari Arab News, Selasa (7/9/2021), perusahaan mengatakan penemuan itu menyoroti keindahan kehidupan laut di Al-Waqadi, yang terletak di sebelah barat proyek pariwisata yang ambisius.

Baca juga: Gunung Tertinggi di Arab Saudi Kini Terbuka untuk Wisatawan Dunia

Terumbu karang adalah makhluk hidup dan keindahannya biasanya terbentuk ketika polip karang awal menempel pada batu karang di dasar laut.

Bagian bawahnya terdiri dari kerangka batu kapur padat dan mulai membelah diri menjadi ribuan organisme kloning sambil tetap terhubung untuk menciptakan koloni yang berfungsi sebagai satu organisme.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini