Mau Wisata Kuliner Khas di Purwakarta? Ini 5 Pilihan Tempatnya

Andaru Danurdana, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 301 2468751 mau-wisata-kuliner-khas-di-purwakarta-ini-5-pilihan-tempatnya-KINOkdoNiM.jpg Mie pelangi 3 warna khas Purwakarta (makananoleholeh.com)

MESKI Indonesia dikenal dengan kawasan wisata alami dan buatan yang indah, berwisata tak melulu tentang pergi ke tempat yang cantik untuk berfoto, tapi juga tentang mendatangi tempat makan enak dan khas.

Seperti di Purwakarta, misalnya; kota ini selain memiliki berbagai curug, pedesaan, dan taman air, Purwakarta juga punya segudang tempat makan enak dan murah.

Berwisata ke berbagai kawasan yang enak di mata tentunya tak lengkap tanpa bersantap di rumah makan yang enak di lidah.

Baca juga: 5 Restoran Paling Menakjubkan di Dunia, Nikmati Kuliner dengan Pemandangan Spektakuler

Bagi para wisatawan yang berencana ke Purwakarta dan ingin wisata kuliner, berikut ini ada lima rekomendasi tempat makan enak yang telah dirangkum MNC Portal.

1. Mie 3 Warna

Siapa tak suka makan mie? Rumah makan unik ini bertempat di seberang Situ Cikumpay dan bisa menjadi pilihan singgah setelah berwisata di tempat tersebut. Di tempat makan ini, mie yang disediakan terbuat dari wortel, bit, dan buah naga sehingga menciptakan warna mie yang hijau, kuning, dan merah. Karena terbuat dari tumbuhan, mie ini tentunya sehat.

Mie 3 Warna terletak di Jalan Raya Cempaka-Purwakarta No. 16, Cikumpay, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Purwakarta. Buka dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB, menu di warung ini dihargai mulai Rp10 ribu saja.

2. Sate Maranggi Haji Yetti

Sate Maranggi Haji Yetti adalah salahsatu rumah makan paling tenar se-Purwakarta. Tak hanya dikenal warga sekitar, tempat makan ini pun berhasil mengundang banyak wisatawan dari luar kota karena rasa sate yang melegenda. Di warung ini, pelanggan bisa memilih varian daging ayam, kambing, atau sapi dan juga berbagai menu lain seperti gulai, soto, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Deretan Seblak Bandung Terenak di Jakarta, Pedasnya Nendang!

Sate Maranggi Haji Yetti berada di Jalan Raya Cibungur Purwakarta, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. Menu di rumah makan sate ini berkisar dari Rp4 ribu hingga Rp120 ribu dan bisa didatangi dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Ilustrasi

3. Kedai Kita

Bagi wisatawan yang ingin makan Chinese food, Kedai Kita adalah rumah makan yang patut disinggahi. Berlokasi di jalan menuju Situ Bulet dan di depan Bank Jawa Barat, Kedai Kita memiliki beberapa menu favorit seperti ayam kuluyuk, sapo tahu, tumis kailan, capcay, dan sapi lada hitam; menu-menu klasik yang pasti mengenyangkan.

Rumah makan ini berada di Jalan Laks. Laut RE. Martadinata No. 2, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Buka dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB, menu di Kedai Kita berkisar di antara Rp15 ribu hingga Rp30 ribu saja.

4. Ayam Goreng Kampung Sajolna

Menu ayam goreng pastilah menjadi menu andalan beberapa orang. Bagi yang ingin bermain aman dan makan sesuatu yang pasti-pasti saja, Ayam Goreng Kampung Sajolna adalah tempat makan yang tepat. Selalu ramai pengunjung, ayam goreng di warung ini memiliki tekstur yang empuk karena telah diungkep terlebih dahulu dengan berbagai bumbu rempah yang menambah rasa sedap.

Terletak di Jalan Basuki Rahmat No. 54, Sindangkasih, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, menu di Ayam Goreng Kampung Sajolna dibandrol dengan harga mulai dari Rp7 ribu sampai Rp30 ribu saja. Rumah makan ini buka dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Ilustrasi

5. Rumah Makan Hj. Ani

Pecinta pepes wajib mampir ke Rumah Makan Hj. Ani. Di rumah makan ini, pengelola menyediakan berbagai jenis olahan pepes yang terbagi menjadi dua macam; besar dan kecil. Pepes besar terdiri dari ayam, ikan mas, cumi, dan jambal, sedangkan pepes kecil terdiri dari jamur, tahu, peda, oncom, dan teri.

Pepes-pepes itu dibandrol dengan harga Rp2 ribu hingga Rp10 ribu saja dan bisa dinikmati dari pukul 07.00 sampai 19.00 WIB. Rumah Makan Hj. Ani terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Cilegong, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini