Misteri Ular Naga Raksasa Penunggu Sungai Mahakam Kaltim

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 406 2468732 misteri-ular-naga-raksasa-penunggu-sungai-mahakam-kaltim-LhP3H2bqW3.jpg Sungai Mahakam di Kalimantan Timur (Foto Sindo)

SUNGAI Mahakam terletak di Kalimantan Timur. Panjangnya mencapai 920 kilometer, menjadikannya sebagai salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Hulu Sungai Mahakam di Kutai Barat dan hilirnya di Kota Samarinda. Muara akhirnya berada di Selat Sulawesi.

Keberadaan Sungai Mahakam bagi warga Kalimantan sangatlah penting. Sungai tersebut menjadi sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.

Baca juga: 4 Wisata Sungai Paling Seru Dijelajahi saat Pandemi, Pemandangannya Bikin Hati Damai

Tidak hanya itu saja, Sungai Mahakam juga digadang-gadang sebagai awal mula adanya peradaban di Kalimantan itu sendiri dengan mitos atau cerita rakyat yang mengiringinya.

Mitos Ular Naga Raksasa, Asal Usul Kebudayaan Masyarakat Kutai

Sungai Mahakam dipercaya sebagian orang dihuni oleh ular naga raksasa. Cerita rakyat tersebut bermula saat konon raja pertama sekaligus pendiri kerajaan Kutai Kartanegara yakni Aji Batara Agung beserta permaisurinya yaitu Putri Karang Melenu dikisahkan lahir dan muncul secara tiba-tiba.

Konon Putri Karang Melenu muncul secara misterius dalam bentuk bayi dari dasar sungai Mahakam. Tubuhnya bersemayam pada sebuah gong yang diangkat oleh naga di pusaran air. Naga tersebut mengantarkan tubuh bayi kepada sang tetua adat Hulu Dusun.

Begitupula sang Aji Batara Agung, masa kecilnya dipercaya tiba-tiba muncul di depan pemuka masyarakat Jaitan Layar, Kutai Lama. Mereka percaya bayi tersebut harus dirawat dengan cara berbeda dari anak manusia pada umumnya.

Baca juga: Pesona Pantai Banua Patra, Wisata Eksotis di Balikpapan yang Menyimpan Cerita Mistis

Tak pelak cerita rakyat tersebut juga menjadikannya sebagai warisan budaya masyarakat Kutai Kartanegara, dimana kisah Raja Aji Batara Agung dan Putri Karang Melenu diabadikan dan dirayakan setiap tahunnya dalam bentuk upacara 'Ngulur Naga' yang ditampilkan melalui Festival Erau, sebuah pertunjukkan kebudayaan yang kini menjadi salah satu daya tarik wisata Kalimantan TImur.

Semakin Dipercaya Keberadaannya Melalui Sejumlah Kejadian

Mitos adanya ular naga raksasa tidak hanya menjadi cerita rakyat yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kebudayaan masyarakat saja, melainkan keberadaan hewan tersebut diyakini benar adanya hingga saat ini usai sejumlah kejadian aneh tapi nyata.

Kejadian tersebut diantaranya seperti warga sekitar yang mengaku melihat adanya sebuah ular naga raksasa, atau juga tragedi yang memiliki hubungan dengan hewan mitologi tersebut yang.

Kejadian yang paling fenomenal tentu saja saat sejumlah warga mengaku menyaksikan kemunculan hewan tersebut pada tahun 1980-an. Matanya terlihat sangat terang dan besar sekali tubuhnya, namun konon ia hanya muncul menampakkan diri begitu saja.

Ilustrasi

Selain itu, sejumlah kecelakaan yang terjadi di Sungai Mahakam juga diyakini berkat adanya makhluk penunggu wilayah perairan tersebut. Salah satunya yang banyak dipercaya adalah adanya tragedi seseorang yang tiba-tiba melompat ke sungai yang membuatnya hanyut dan tidak ditemukan wujudnya.

Menurut penuturan warga, pria misterius tersebut diduga mengikuti 'petunjuk' dari sang naga sehingga ia akhirnya memutuskan untuk melompat begitu saja dari pendopo pelabuhan Pasar Pagi.

Kejadian yang berlangsung di tahun 2017 itu pun semakin menguatkan keyakinan warga akan adanya keberadaan hewan yang disebut juga sebagai Ular Naga Erau tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini