Dear Traveler, Begini Cara Temukan Kamera Tersembunyi di Hotel

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 406 2468940 dear-traveler-begini-cara-temukan-kamera-tersembunyi-di-hotel-nojpMSqux5.jpg Kamar hotel (Leelaholidays)

PENGELOLA biasanya memasang kamera pengintai atau CCTV di sudut-sudut tertentu di hotelnya untuk keperluan keamanan.

Tapi kehadiran kamera di hotel terkadang membuat penyewa kamar tak nyaman karena merasa direkam secara diam diam. Terlebih lagi jika pihak hotel menempatkan kamera di lokasi tersembunyi yang jarang disadari oleh tamu.

Baca juga: Singapura Target Bisa Pasang 200.000 Kamera CCTV di Sepenjuru Kotanya

Video viral baru-baru ini menunjukkan kepada orang-orang bagaimana menemukan alat perekam tersebut.

Rekaman tersebut diunggah ke TikTok oleh Marcus Hutchins, menggunakan akun pribadinya @Malwaretech.

Klip tersebut sudah dilihat lebih dari 15 juta kali, sejak pertama kali dimuat pada Minggu awal bulan ini.

Melansir dari Fox News, Jumat (10/9/2021), berikut saran sederhana dari Marcus Hutchins cara menemukan kamera pengintai di hotel.

Memeriksa di sekitar ruangan

Langkah pertama yaitu memeriksa seluruh ruangan terutama area yang mungkin ditempatkan alat perekam. Dalam video, Marcus memeriksa detektor asap yang ditempatkan persis di atas tempat tidur. Jam alarm pun ikut diperiksa olehnya.

Baca juga: Sandiaga Akan Memperluas Penerapan Aplikasi PeduliLindungi hingga ke Hotel dan Kafe

“Kamera-kamera ini sangat kecil seperti yang Anda lihat di sini, sehingga dapat disembunyikan di mana saja, bahkan lubang di dinding,” jelasnya.

Menggunakan perangkat

Langkah selanjutnya menggunakan korek atau lampu untuk mencari alat perekam. Kamera tersembunyi dapat dideteksi hanya dengan menyinari perangkat. Lensa kamera akan memantulkan warna biru ketika ditempatkan langsung di bawah senter.

Lampu juga dapat digunakan untuk mengungkapkan kamera yang tersembunyi di balik pinggir cermin. Bahkan ada kemungkinan cermin tersebut merupakan cermin dua sisi.

Ilustrasi

Cara lain menemukan kamera tersembunyi adalah dengan menggunakan sensor infrared yang ada di perangkat seperti ponsel. Benda ini digunakan sebagai alat bantu penglihatan di malam hari. Tamu juga dapat membeli perangkat pendeteksi RF (frekuensi radio) untuk menangkap sinyal apa pun yang mungkin disiarkan oleh perangkat.

Dengan mengikuti tips dari Marcus, Anda dapat lebih waspada ketika berada di hotel ataupun tempat penginapan saat traveling.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini