Heboh Pelaut Temukan Hewan Aneh Bertubuh Hiu Wajahnya Babi

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 406 2469208 heboh-pelaut-temukan-hewan-aneh-bertubuh-hiu-wajahnya-babi-ZV1nPbx86D.JPG Hewan aneh bertubuh hiu, berwajah mirip babi (Foto: Mirror)

KEJADIAN aneh dialami seorang pelaut asal Italia. Ia kaget bukan kepalang saat menemukan hewan aneh bertubuh mirip hiu namun berwajah seperti babi dari dalam air.

Hal itu disaksikan sendiri oleh perwira Angkatan Laut yang berlayar di Marina Darsena Medicea, Kota Portoferraio, Pulau Elba, Italia.

Ketika mereka menariknya keluar dari air, mereka menemukan bahwa apa yang tampak pada pandangan pertama sebagai hiu sebenarnya memiliki wajah yang lebih mirip babi.

Tapi mereka dengan cepat menghilangkan desas-desus bahwa itu adalah semacam mutan setelah diidentifikasi sebagai hiu kasar Angular (Oxynotus Centrina) yang sangat langka di dunia.

Baca juga: Ajaib, Kucing Ini Bertahan Sendirian Selama 52 Hari Terkurung di Rumah Kosong

Kadang hewan itu juga dikenal sebagai hiu berwajah babi yang biasanya hidup hingga 2.300 kaki di bawah permukaan laut.

Makhluk itu juga terdaftar dalam Daftar Merah IUCN sebagai terancam punah yang berarti jarang terlihat. Meski penemuan itu terjadi tiga pekan lalu, namun fotonya baru viral beberapa hari terakhir setelah diunggah ke media sosial.

Postingan tersebut langsung menuai ratusan komentar, termasuk kritikan dari netizen yang menganggap hiu tersebut sengaja ditangkap dan dibunuh.

Setelah dikeluarkan dari air, hiu kasar berwujud unik itu dibawa ke Kantor Pelabuhan untuk dipelajari namun akhirnya dibuang.

Yuri Tiberto dari Elba Aquarium mengatakan kepada media lokal bahwa ikan jenis itu memang sangat jarang ditemukan.

"Ini biasa disebut 'ikan babi' karena ketika keluar dari air mengeluarkan semacam gerutuan," kata Tiberto, melansir Mirror.

"Di laut Kepulauan Tuscan, begitu kaya akan keanekaragaman hayati, tidak jarang menemukan ikan ini, dan saya dapat dengan aman mengatakan bahwa saya sering menerima laporan yang memberi tahu saya tentang 'ikan babi' yang berakhir di jaring ikan lokal," jelasnya.

Baca juga: Seekor Anjing Mendadak Keluarkan Suara Aneh, Penyebabnya Bikin Kaget

"Saya juga mencoba beberapa waktu untuk menyimpannya di salah satu tangki di akuarium, tetapi segera saya menyerah karena saya melihat bahwa itu adalah spesies yang tidak beradaptasi dengan penangkaran," paparnya lagi.

Hiu kasar bersudut diketahui hidup di Samudera Atlantik Timur dan Mediterania. Ia dikenal dengan kepalanya yang lebar dan rata serta moncongnya yang gemuk dan tumpul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini