Asyik Gunung Bromo Buka Lagi, Netizen: Gaskeun Lah!

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 406 2469239 asyik-gunung-bromo-buka-lagi-netizen-gaskeun-lah-sKQ5A12c2X.JPG Gunung Bromo kembali dibuka (Foto: Instagram/@pino.dolan)

TAMAN Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali dibuka. Namun, sementara hanya melalui pintu masuk Pasuruan. Langkah pembukaan wisata ini sesuai Surat Edaran (SE) Nomor PG.27/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/9/2021 tentang Pembukaan Objek Wisata dan Daya Tarik Alam di Kawasan TNBTS Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, meski telah dibuka kembali namun kapasitas wisatawan tetap akan dibatasi.

"Betul, karena sesuai surat dari Gugus Tugas Covid-19 hanya Kabupaten Pasuruan masuk level 2 dan rekomendasinya untuk level 2, sehingga wisata diperkenankan dengan kuota 25 persen," ujar dia dalam keterangan resminya, Jumat (10/9/2021).

Sebelum pandemi, kawasan TNBTS selama ini memiliki empat pintu masuk yakni di Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Probolinggo.

Baca juga: Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Singapura Wisata Virtual ke Labuan Bajo dan Bromo

Lebih lanjut, berdasarkan SE yang dikeluarkan BB-TNTBS, tiga spot wisata yang boleh beroperasi yakni Spot Penanjakan, Bukit Cinta, dan Bukti Kedaluh.

Kemudian diperbolehkan untuk dikunjungi para wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Sementara itu dibukanya kembali TNBTS ini juga viral di media sosial (medsos). Dikutip dari akun TikTok @YukBromo mengumumkan bahwa kawasan ini sudah dapat dikunjungi wisatawan.

"Ada kabar baik baik nih buat kalian semua, wisata Bromo sudah dibuka lagi guys," tulis keterangan unggahan video tersebut.

Netizen yang mengetahui informasi itu, yakni dibukanya kembali wisata di Bromo sangat antusias dan ingin segera mengunjungi TNBTS.

"Alhamdulillah udah buka, Insya Allah Oktober cuss ke sana," kata @Dev****.

"Nunggu semua dibuka aja biar ndak sia-sia," ujar @us*****.

"Gaskeun lah," kata @fa****.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini