15 Tempat Wisata di Banyuwangi Sudah Beroperasi, Pengunjung Wajib Sudah Divaksin

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 406 2469469 15-tempat-wisata-di-banyuwangi-sudah-beroperasi-pengunjung-wajib-sudah-divaksin-BAUD8Q5GXr.jpg Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur (Foto Instagram @kawahijenindonesia)

SEBANYAK 15 objek wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur diizinkan buka, menyusul Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun Level kedua. Pembukaannya ditandai dengan pelepasan tukik atau anak penyu di Pantai Cemara oleh Bupati Ipuk Fiestiandani.

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda mengatakan, ke 15 tempat wisata diperbolehkan beroperasi sejak, Jumat 10 September 2021.

"Sementara terdapat 15 destinasi yang dibuka, dari 64 destinasi yang ada di Banyuwangi. Memang tidak semuanya. Ini hasil dari survei teman-teman asosiasi," kata Bramuda.

 Baca juga: COVID-19 Melonjak, Ini Aturan Baru Operasional Tempat Wisata, Kafe dan Restoran di Banyuwangi

Dari 15 tempat wisata yang diizinkan buka di antaranya Kawah Ijen, Pulau Merah, Alas Purwo, Sukomade, Grand Watudodol, Desa Wisata Tamansari, Bangsring Underwater, Pantai Cacalan, Pantai Cemara, Pantai Mustika, Teluk Hijau, dan lainnya.

"Untuk wisata kolam renang berdasarkan instruksi dari pusat, di Level 2 masih belum diperbolehkan untuk dibuka," ucapnya.

 Ilustrasi

Berdasarkan hasil rakor, pariwisata Banyuwangi dibuka kembali dengan berbagai ketentuan. Kapasitas pengunjung di destinasi wisata dibatasi hanya 25 persen. Para pelaku wisata harus sudah divaksin.

Baca juga:  Pesona Sukamade, Pantai Tersembunyi Jadi Sarang Penyu dan Beraroma Mistis

Tiap destinasi wisata harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau memakai barcode/menunjukan sertifikat vaksin bagi para pengunjung sabagai syarat masuk destinasi wisata.

Di masa pandemi Covid-19, pihaknya mengandalkan quality tourism, bukan mass tourism. Sebab hal ini demi menjaga kesehatan wisatawan selama berkunjung ke tempat - tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi.

“Karena itu akan lebih dioptimalkan untuk menjual paket wisata dengan tiket terusan ke berbagai destinasi," tukasnya.

 

Sebagai informasi, level PPKM di Kabupaten Banyuwangi akhirnya turun ke level 2. Alhasil tempat wisata mulai diizinkan beroperasi, setelah sebelumnya tutup hampir 2 bulan sejak penerapan PPKM darurat pada 3 Juli 2021.

Perpanjangan PPKM dengan mengubah istilah PPKM level 4, juga membuat akhirnya wisata di Banyuwangi juga tutup.

Namun seiring penurunan kasus Covid-19, menjadikan pemerintah pusat memberikan asesmen untuk wilayah Kabupaten Banyuwangi menuju PPKM level 2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini