Sering Tak Disadari, Ini 17 Perilaku Penumpang Pesawat yang Dibenci Pramugari

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 406 2469489 sering-tak-disadari-ini-17-perilaku-penumpang-pesawat-yang-dibenci-pramugari-4Qx28DTwN2.jpg Pramugari (Insider)

PRAMUGARI dituntut memiliki kesabaran ekstra dan bersikap profesional ketika melayani penumpang di pesawat. Termasuk saat penumpang bersikap menyebalkan.

Seorang pramugari membagikan sederet perilaku yang sebaiknya berhenti dilakukan oleh penumpang. Dia sudah menjalankan profesi pramugari selama 5 tahun. Sehingga tahu persis kesalahan yang sering terjadi saat penerbangan.

Baca juga: 9 Kode Misterius Pramugari di Pesawat, Ada Tom Cruise hingga Peti Mati

Melansir dari Insider, Sabtu (11/9/2021), dia dan rekan sesama pramugari telah merangkum 17 tingkah laku yang salah, namun sering dilakukan oleh penumpang.

Mengabaikan pramugari di pintu boarding

Boarding akan menentukan suasana seluruh penerbangan. Pramugari akan sangat menghargai ketika penumpang menyapa awak kabin.

Ilustrasi

Anda akan terkejut betapa banyak orang yang dengan tidak sopan. Tidak ada sapaan setiknya satu kalimat. Penumpang bahkan menyerahkan sampah tanpa melakukan kontak mata dengan pramugari.

Seorang pramugari dapat mengucapkan selamat pagi kepada lebih dari 200 orang berturut-turut. Pramugari hanya manusia biasa. Mereka berharap penumpang bisa membalas ucapan setidaknya sekali.

Jangan bertanya apakah akan boleh menyalakan koneksi ketika mendarat

Wajar jika terbang membuat Anda stres dan koneksi menjadi sulit. Pramugari sering kali mendapat pertanyaan serupa. Sebanyak apapun pertanyaan yang terlontar, jawabannya tetap sama yaitu tidak.

Tolong berhenti menyenggol pramugari untuk mendapat perhatian

Pramugari benar-benar tidak mengerti mengapa orang berpikir kalau menyentuh atau memegang seseorang boleh di pesawat.

Baca juga: Pramugari Ungkap 3 Perilaku Penumpang yang Paling Menyebalkan di Pesawat, Sering Tak Disadari

Banyak cara alternatif yang lebih sopan. Misalnya gunakan suara, menekan tombol panggil, atau angkat tangan Anda. Jadi berhentilah menyentuh pramugari.

Melepas sepatumu di pesawat

Berhenti melepas sepatu Anda di tengah penerbangan. Jangan berjalan di sekitar pesawat tanpa alas kaki. Berapa kali pramugari melihat orang dewasa berjalan ke kamar kecil tanpa sepatu. Melepas alas kaki merupakan ide buruk. Orang yang duduk di sebelah Anda mungkin akan mencium bau kaki

Cobalah untuk tidak meminta selimut

Berada di dalam pesawat dapat membuat Anda kedinginan. Sejatinya, penumpang harus berpakaian lebih hangat ketika menumpangi moda transportasi udara ini.

Bahkan jika Anda terbang dari Florida ke Cancun, sebaiknya bawa sweter di tas jinjing Anda. Jangan berpikir pesawat memiliki banyak tambahan selimut.

Membunyikan bel panggilan untuk menyerahkan sampah

Sudah tugas pramugari untuk berjalan melalui kabin dan mengumpulkan sampah. Awak kabin melakukan ini sepanjang penerbangan, sehingga hampir selalu ada kru pesawat di lorong (selama tidak ada turbulensi).

Membunyikan bel panggilan untuk membuang sampah dapat merepotkan pramugari. Pramugari mungkin datang tanpa membawa sarung tangan atau kantong sampah.

Untuk mempermudah, Anda dapat menggunakan kantong mabuk perjalanan sebagai kantong sampah pribadi selama penerbangan. Kemudian menyerahkan sampah di akhir penerbangan.

Memakai headphone saat berbicara

Headphone dapat menyulitkan komunikasi. Meskipun headphone Anda tidak menyala, masih sulit untuk Anda mendengar ucapan pramugari. Pramugari sangat menghargai jika Anda dapat melepasnya sementara selama berbicara.

Menggunakan kamar mandi setelah pesawat lepas landas

Hal ini terjadi hampir di setiap penerbangan. Sering kali terdapat antrian panjang di depan kamar mandi, tidak lama setelah pesawat lepas landas.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencoba menggunakan toilet di bandara sebelum Anda naik pesawat.

Ilustrasi

Memutar musik atau video dengan suara keras

Jika penerbangan yang lama membuat Anda bosan, maka Anda diizinkan untuk mendengarkan musik. Pastikan Anda memakai headphone. Pramugari akan menegur Anda jika memutar suara dengan keras.

Jangan mendebatkan tentang kebijakan masker

Maskapai penerbangan sangat ketat dalam hal ini. Jika Anda gagal dalam mematuhi peraturan ini, maka Anda mungkin dilaranng terbang menggunakan maskapai tersebut di penerbangan selanjutnya.

Tolong berhenti menggunaka jump seat atau galley

Jump seat atau galley adalah tempat khusus yang disediakan untuk awak kabin. Pramugari mengerti penumpang butuh untuk meregangkan kaki. Tapi Anda tidak dapat melakukannya di galley, baik di area depan atau belakang pesawat.

Tidak hanya membuat kru frustasi, aturan FAA juga tidak memperbolehkan penumpang berkumpul disana.

Membandingkan dengan maskapai lain

Hanya karena maskapai lain melakukan sesuatu tidak berarti penerbangan yang Anda tumpangi juga melakukannya. Setiap maskapai memiliki cara kerja yang berbeda.

Membangunkan orang lain untuk memberi mereka makanan

Menawarkan makanan kepada orang lain merupakan hal baik. Namun Anda tidak sopan jika membangunkan orang bangun hanya untuk makan dan minum.

Anda dapat bertanya ke mana kami terbang, tetapi pramugari mungkin tidak tahu

Sebagian besar pramugari tidak memiliki rute yang ditetapkan. Jadi kalau Anda bertanya kepada pramugari soal dimana Anda terbang saat ini, pramugari mungkin tidak bisa menjawabnya.

Bangun saat turbulensi membuat Anda dan orang-orang di sekitar Anda dalam bahaya

Jika ingin turun dari tempat duduk Anda, tunggu lah sampai tanda sabuk pengaman mati. Anda juga tidak boleh membunyikan lampu panggilan, kecuali ada keadaan darurat. Kru penerbangan tidak ingin mempertaruhkan keselamatan mereka sendiri.

Tidak mengawasi anak

Seorang pramugari bukan babysitter pribadi Anda. Setiap hari begitu banyak orang tua naik pesawat dan langsung tertidur tanpa memperhatikan Anak mereka.

Ini tidak adil bagi kru atau penumpang lainnya. Ditambah lagi pesawat tempat umum. Penumpang dan kru lain dapat merasa terganggu jika anak ditinggalkan tanpa pengawasan.

Jangan melampiaskan kekesalanmu pada pramugari

Jangan meneriaki pramugari untuk hal-hal yang di luar kendali mereka. Dapat dimengerti jika seseorang memiliki masalah pribadi. Namun, cobalah untuk tidak melampiaskan itu kepada awak kabin. Kru pesawat juga manusia yang bisa mengalami kesulitan. (sal)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini