Kereta Bandara YIA Gratis hingga 16 September, Simak Syarat Naiknya!

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 21:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 406 2469590 kereta-bandara-yia-gratis-hingga-16-september-simak-syarat-naiknya-0cOctr505N.JPG Kereta Api Bandara (Foto: Kemenhub)

MASYARAKAT Yogyakarta dapat menikmati layanan Kereta Api Yogyakarta International Airport (YIA) dengan tarif nol rupiah alias gratis.

PT KAI mengoperasikan kereta bandara ini sejak Rabu 1 September 2021 lalu dengan menggratiskan tarif perjalanan hingga 16 September 2021 mendatang. Langkah itu diambil sebagai kehadiran moda transportasi massal itu di masa pandemi Covid-19.

Kendati gratis, namun PT KAI tetap memberlakukan syarat perjalanan masyarakat yakni hanya bagi pekerja sektor esensial dan kritikal karena termasuk kereta api lokal perkotaan.

Selain itu, penumpang juga wajib menunjukkan surat tanda registrasi pekerja (STRP) atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat maupun surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon 2 (untuk pemerintahan) dan berstempel/cap basah atau tanda tangan elektronik.

Baca juga: Kereta Bandara Internasional Yogyakarta Mulai Beroperasi September

Selama masa sosialisasi ini, penumpang tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif test RT-PCR atau rapid test antigen, namun akan dilakukan rapid test antigen secara acak.

Penumpang diharuskan menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut, wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama serta menggunakan hand sanitizer.

Selain itu, penumpang juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung pada saat selama perjalanan, tidak diperkenankan makan dan minum pada saat selama perjalanan yang kurang dari dua jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Tiket kereta Bandara YIA bisa diperoleh pada loket stasiun lintas Yogyakarta - Bandara Internasional Yogyakarta paling tidak tiga jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

"Pelanggan diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin selama menggunakan fasilitas KA Bandara YIA untuk menjaga keamanan bersama," kata VP Publik Relations KAI, Jhoni Martinus beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini