5 Rekomendasi Staycation CHSE di Jawa Barat

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Senin 13 September 2021 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 25 2470414 5-rekomendasi-staycation-chse-di-jawa-barat-g8yAIrxl9f.jpg Foto: Dok.Instagram @primeplazahotelpurwakarta

Staycation jadi tren liburan saat ini. Staycation menjadi salah satu pilihan berlibur yang dirasa cukup aman dan nyaman kala pandemi masih melanda. Wisatawan tak perlu pergi jauh ke luar kota, tapi cukup pergi ke hotel terdekat dan menikmati fasilitas yang ada di sana.

Di samping itu, beberapa tempat staycation yang ada berlokasi tidak jauh dari destinasi wisata. Hal ini tentu memudahkan Anda saat akan mengunjungi destinasi wisata tersebut. Beragam inspirasi lainnya seputar lokasi staycation, destinasi wisata, hingga oleh-oleh produk Nusantara bisa Anda dapatkan dengan follow akun Instagram @pesonaid_travel, lho!

Perlu diingat, saat memilih tempat staycation harus yang sudah mengantongi sertifikasi CHSE, ya! Agar liburan Anda di masa kenormalan baru ini lebih terasa aman dan nyaman. Berikut 5 rekomendasi staycation yang sudah mengantongi sertifikat CHSE di Jawa Barat :

1. Grand Inna Samudra Beach, Sukabumi

 

Foto: Instagram @grandinnasamudrabeach

Dibangun pada 1962 oleh Presiden Soekarno, Grand Inna Samudra Beach menjadi salah satu hotel bersejarah di Indonesia dan juga merupakan hotel terbesar pertama di Kabupaten Sukabumi. Hotel yang awalnya bernama Samudra Beach Hotel ini berdiri di atas lahan seluas 52 hektare, dengan tinggi 32 meter, dan panjang 100 meter. Bangunan hotel ini memanjang dari timur ke barat dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Dari balkon kamar, para tamu dapat menikmati pemandangan laut lepas hingga pegunungan yang ada di sebelah timur atau di sebelah kiri hotel. Para tamu tak perlu berpindah-pindah untuk melihat pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam, sebab kedua momen indah tersebut dapat dilihat langsung dari kamar hotel mana saja.

Dari Hotel ini pun Anda bisa mengunjungi beberapa lokasi wisata, seperti Geopark Ciletuh, Pantai Cimaja, Pantai Karang Hawu, pemandian air panas Geyser Cisolok, pasar ikan, Desa Adat Sinar Resmi, Goa Lalay, atau arung jeram di Sungai Citarik.

Lengkapi staycation Anda dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku usaha ekonomi kreatif, seperti Surabi Sukabumi, Roti Priangan, Bandros, Sagon bakar, hingga Kue Mochi. Anda juga bisa pesan online produk tersebut di @mochitsuki_smi atau @surabitasikpakasep.

Baca Juga: Gritte Agatha Bagikan Keseruan Staycation Bersama Tim

2. Prime Plaza Hotel Purwakarta

Foto: Prime Plaza Hotel Purwakarta

Prime Plaza Hotel Purwakarta yang dahulu bernama Kota Bukit Indah Plaza Hotel, menawarkan lingkungan resor yang dikelilingi sawah. Hotel ini memiliki lapangan golf, kolam renang terbuka, dan beberapa fasilitas olahraga. Pas banget untuk bisa jadi pilihan staycation Anda dan keluarga saat merencanakan liburan ke Purwakarta nanti setelah keadaan membaik.

Hotel ini dapat dicapai dengan berkendara selama 30 menit dari Bendungan Jatiluhur, sebuah tempat tujuan wisata untuk memancing, bermain kano, dan mengunjungi Water World.

Anda juga dapat menikmati pijat relaksasi di spa, atau berolahraga di gym. Selain itu, ada beragam fasilitas olahraga lainnya seperti lapangan tenis, futsal, dan voli. Hotel ini juga memiliki ruang permainan, ruang karaoke, dan pusat informasi wisata.

Hotel yang dikembangkan dengan konsep resor ini menjadi pilihan favorit di Purwakarta. Selain lokasinya yang lebih nyaman dan tenang, hotel dalam kawasan seluas sekitar 5 hektare ini juga menjadi tujuan rekreasi maupun kegiatan outbound.

Staycation di Purwakarta juga tidak lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh khas daerah ini, seperti Simping, Semprong, Manisan Pala, Colenak, Rengginang Ketan Hitam, atau Sate Maranggi. Jika sudah tak sabar, Anda bisa pesan online dulu melalui @rengginanguenak atau @cahaya_kaasih, ya!

3. Grand Sunshine Resort and Convention, Bandung

Foto: Instagram @grandsunshinehotel

Hotel ini memadukan fasilitas modern yang canggih dengan sentuhan tradisional budaya Jawa Barat, berlokasi di dekat pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung.

Hotel ini dikenal sebagai salah satu tempat staycation yang cukup menawan. Duduk di sekitar kolam renang, Anda akan merasakan udara segar yang menenangkan pikiran dan jiwa.

Dari hotel ini, bagi Anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata terkenal, seperti Kawah Putih, Glamping Lake side, Situ Patenggang, serta pemandian air panas Ciwalini dan Cimaggu, tergolong mudah untuk dijangkau.

Oleh-oleh khas Bandung juga tidak boleh Anda lupakan saat berkunjung ke sini, seperti Kue Balok Brownies Mahkota, Bolu Bakar Tunggal, Roti Leutik, dan Baso Aci. Untuk pesan secara online bisa melalui media sosial pelaku usahanya yaitu @kuebalok_brownies_mahkota atau @bolubakartunggal_.

4. Grand Cordela AS Putra, Kuningan

Foto: Instagram @grandcordelakuningan

Kabupaten Kuningan di Jawa Barat, merupakan tempat yang lengkap dan menjadi tempat favorit bagi para pelancong. Pasalnya, selain banyak makanan khas yang menggugah selera, banyak juga tempat wisata unik yang mampu memanjakan mata dan hati, seperti Telaga Biru Cicerem, Curug Putri, Telaga Nilem, hingga Situ Walukut.

Staycation di Grand Cordela AS Putra, Kuningan bisa menjadi pilihan Anda saat situasi telah membaik, jika ingin berkunjung ke Kuningan untuk menikmati wisata alam yang memesona. Staycation di hotel ini membuat pengalaman liburan Anda menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan.

Oleh-oleh khas Kuningan juga jangan sampai Anda lewatkan, seperti Lepet, Tahu Susu, Nasi Kasreng, atau Kwecang, Golono. Pesan online tentunya bisa, ya! Melalui UMKM lokal @pujipoetut atau @nasikasreng.

5. Aston Hotel dan Convention Center, Cirebon

Foto: Instagram @astoncirebon

Aston Cirebon Hotel dan Convention Center merupakan salah satu hotel berbintang 4 di Cirebon. Hotel ini terletak di salah satu tempat yang strategis, suasana alam yang indah, nyaman, dan sangat bersih.

Hotel Aston Cirebon Hotel dan Convention Center sangat banyak diminati wisatawan untuk menginap saat berlibur ke Cirebon. Hotel ini merupakan hotel idaman bagi mereka yang sedang staycation bersama keluarga, menghadiri acara bisnis, dan juga sangat cocok untuk mereka yang ingin berbulan madu.

Selain harganya yang relatif murah dan terjangkau untuk semua kalangan, hotel ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk orang dewasa maupun anak-anak. Di antaranya seperti kolam renang, becak mini, sepeda, tempat bermain bola, dan lainnya. Bangunan hotel terlihat modern dan nyaman bagi Anda yang ingin memanjakan diri.

Dari hotel ini, Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti Keraton Kasepuhan, Telaga Remis, Taman Sari Gua Sunyaragi, dan lokasi lainnya. Di samping itu, Anda juga bisa #BeliKreatifLokal oleh-oleh khas Cirebon, seperti Tempe Ketan, Kerupuk Melarat, Kue Gapit, hingga Emping Cirebon. Bagi Anda yang mau pesan online juga bisa melalui jenama lokal @tapiacirebon dan @tokoanekakuecirebon.

Itulah 5 rekomendasi tempat staycation yang sudah mengantongi sertifikasi CHSE di Jawa Barat, tentunya bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu liburan #DiIndonesiaAja jika situasi telah membaik. Saat berwisata nanti, Anda tetap wajib disiplin protokol kesehatan, ya!

Dengan kesadaran pentingnya penerapan prokes, serta implementasi prinsip #InDOneisiaCARE di berbagai destinasi wisata, tentu sangat berarti bagi percepatan pemulihan sektor pariwisata Indonesia, sebagai bagian dari semangat dalam momentum Hari Pariwisata Sedunia pada 27 September 2021 mendatang.

Foto: Wonderfulimage.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaf), Sandiaga Uno mengatakan pihaknya akan terus menggalakkan program sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di tempat wisata maupun sentra ekonomi kreatif (ekraf). Hal ini merupakan bagian dari adaptasi sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19. Sandiaga berpesan bahwa sertifikasi CHSE harus betul-betul menjadi standar emas dalam pelaksanaan pelayanan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Karenanya kami mendorong agar pelaku usaha parekraf untuk dapat mendaftarkan usahanya, dan bagi konsumen untuk dapat memilih destinasi atau sentra ekonomi kreatif serta usaha lainnya yang sudah memiliki sertifikasi CHSE," kata Sandiaga.

Sebagai warga negara yang baik, kita juga wajib mendukung upaya Pemerintah dalam memerangi pandemi, seperti disiplin menerapkan 6M. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Di samping itu, bagi Anda yang belum menerima vaksin Covid-19, harus sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi, ya! Agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus corona. Sehingga ketika sudah waktunya Anda berlibur ke berbagai tempat wisata yang sudah mulai dibuka secara bertahap nanti, akan lebih terasa aman dan nyaman.

Sambil menunggu waktu yang tepat untuk berwisata #DiIndonesiaAja, Anda bisa mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya!

Buat Anda yang beruntung bisa memenangkan beragam hadiah menarik, lho! Yuk, buruan ikutan!

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini