Ganjil-Genap Efektif Tekan Mobilitas, Jalur Wisata Puncak-Cianjur Ramai Lancar

Antara, Jurnalis · Senin 13 September 2021 02:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 406 2470260 ganjil-genap-efektif-tekan-mobilitas-jalur-wisata-puncak-cianjur-ramai-lancar-zVxOteausF.JPG Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat (Foto: Okezone.com)

JALUR Puncak-Cianjur, Jawa Barat terpantau ramai lancar hingga malam menjelang awal pekan. Tidak terlihat antrean panjang kendaraan dengan laju terhenti, meski menjelang sore sempat dilakukan rekayasa arus sebagai upaya antisipasi terjadinya macet total.

Sejak Minggu pagi hingga malam volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, didominasi kendaraan bernopol genap asal Jabodetabek, berbaur dengan kendaraan wisatawan lokal Cianjur. Meski antrean sempat terlihat di beberapa titik rawan macet, namun kendaraan tetap bergerak.

Pemberlakuan ganjil genap di sepanjang jalur Bogor hingga Cianjur, dinilai dapat menekan mobilitas kendaraan pendatang dengan tujuan wisata ke berbagai destinasi wisata yang ada di Cianjur.

Sehingga di pertigaan menuju tempat wisata yang ada di kawasan Puncak-Cipanas, antrean kendaraan tidak sampai memanjang seperti libur biasanya.

Baca juga: PPKM Dilonggarkan, Tingkat Hunian Villa di Kawasan Puncak Naik 10 Kali Lipat

Bahkan kepadatan parkiran rumah makan dan hotel di sepanjang jalur wisata Puncak-Cianjur, tidak setinggi tahun sebelum pandemi, di mana area parkir penuh kendaraan bernopol bebas dari Jabodetabek hingga luar pulau. Selama ini barometer terjadinya macet total akibat tingginya angka kunjungan dan tingkat hunian hotel di Puncak-Cipanas.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom saat dihubungi Minggu malam, mengatakan sepanjang akhir pekan hingga malam menjelang, tidak terlihat antrean panjang kendaraan di wilayah hukum Cianjur, namun ekor antrean macet di jalur Puncak-Bogor, mencapai kawasan Puncak Pass.

Sehingga memasuki sore, pihaknya berkoordinasi dengan Polres Bogor, untuk melakukan sistem satu arah sebagai upaya memutus rantai antrean yang sudah terjadi di jalur Bogor menjelang sore. Namun untuk arah Cianjur, hingga malam menjelang, tidak terlihat antrean atau laju kendaraan tersendat.

"Hanya menjelang sore antrean menuju Bogor dengan ekor antrean masuk wilayah Cianjur. Sehingga untuk mencegah macet total di jalur tersebut, dilakukan sistem satu arah. Kalau di jalur Puncak-Cianjur, hingga malam arus kendaraan ramai lancar," ucap Anom.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini