Heboh Kawanan Hiu Tutul Merapat ke Pantai Lamongan, Pertanda Apa?

Abdul Wakhid, Jurnalis · Senin 13 September 2021 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 406 2470318 heboh-kawanan-hiu-tutul-merapat-ke-pantai-lamongan-pertanda-apa-BlpBtxet0L.JPG Hiu Tutul atau Rhincodon Typus (Foto: Instagram/@uksa387undip)

SEBANYAK empat ekor hiu tutul tiba-tiba muncul di perairan pantai Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Penampakan hewan itu pertama kali terlihat pada Kamis sore lalu.

Dari total empat ekor yang nampak di permukaan, satu di antaranya bahkan terdampar di dermaga kapal nelayan.

Sebuah rekaman video amatir warga memperlihatkan kawanan hiu berenang dari laut dalam menuju tepi pantai.

Pemandangan itu bahkan sampai terlihat oleh nelayan yang berlayar di sekitar perairan terssebut. Ukuran ikan cukup besar dengan panjang sekitar lebih dari empat meter.

Baca juga: Serunya Liburan di Kepulauan Derawan, Berenang Bareng Hiu hingga Menikmati Labuan Cermin

Hiu Tutul di Pantai Lamongan

(Foto: iNews.id/Abdul Wakhid)

Awalnya, keempat hiu itu berenang sekitar satu kilometer dari bibir pantai. Akan tetapi, beberapa saat kemudian, salah satu hiu berenang cepat ke tepi hingga terdampar di dermaga kapal nelayan.

Beruntung, hiu itu masih bisa selamat karena dengan sigap dievakuasi nelayan. Ikan itupun digiring ke tengah laut agar kembali ke habitatnya.

"Ukuranya besar. Ada empat ekor yang kelihatan, yang satu tadi terdampar. Sekarang sedang dievakuasi ke tengah," ungkap Ketua Rukun Nelayan Desa Kemantren, Saiful Maarif belum lama ini.

Ia menjelaskan, penampakan hiu tutul merupakan momen langka bagi masyarakat sekitar. Terlebih, keberadaannya bisa dilihat dari jarak dekat oleh warga dan nelayan setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kemunculan kawanan hiu tutul ini bisa jadi dipicu oleh sejumlah beberapa faktor.

Di antaranya peralihan musim yang memengaruhi temperatur air laut. Kondisi tersebut menyebabkan hiu mencari makan dengan mengikuti perubahan temperatur air. Adapun spekulasi lain, lantaran hiu itu berada di tepian pantai akibat kesalahan navigasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini