Alami Batuk Pilek, 13 Gorila Ini Ternyata Positif COVID-19

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Selasa 14 September 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 406 2470687 alami-batuk-pilek-13-gorila-ini-ternyata-positif-covid-19-7tiyw6iZa1.jpg Gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego, California, Amerika Serikat (Reuters)

SEBANYAK 13 gorila di Kebun Binatang Atlanta, Amerika Serikat dinyatakan positif COVID-19. Gorila yang berisiko mengalami komplikasi dari SARS-CoV-2 tengah dirawat dengan antibodi monoklonal. Seluruh populasi gorila di kebun binatang itu yang berjumlah 20 ekor diuji kesehatannya.

Gorila yang ada di Kebun Binatang Atlanta merupakan jenis The Western Lowland. Penjaga kebun binatang melihat mereka mengalami batuk, pilek, dan perubahan terhadap nafsu makan.

Baca juga: Batuk-Batuk di Kebun Binatang, 2 Gorila Ini Ternyata Positif COVID-19

Setelah dites swab, 13 gorila menunjukkan hasil positif COVID-19, termasuk Ozzie, gorila jantan tertua di penangkaran yang berusia 60 tahun.

Melansir dari India Today, Senin (13/9/2021), gorila tersebut dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes awal. Pengelola Kebun Binatang Atlanta sedang menunggu hasil tes konfirmasi dari Laboratorium Layanan Hewan Nasional di Ames, Iowa.

 

Pihak Kebun Binatang Atlanta yakin seorang karyawan tanpa gejala yang merawat gorila menularkan virus tersebut. Meskipun karyawan itu telah divaksinasi sepenuhnya dan mengenakan alat pelindung diri, seperti masker dan sarung tangan.

Baca juga: Mengintip Isi Museum CIA, Ini 4 Koleksi Barang Intelijen Sarat Sejarah

Kemudian Kebun Binatang Atlanta menambahkan, tidak ada bukti bahwa gorila dapat menularkan virus kembali ke manusia dan pengunjung terlalu jauh untuk terinfeksi oleh gorila.

“Kami sangat prihatin bahwa infeksi ini terjadi, terutama mengingat protokol keselamatan kami saat bekerja dengan kera besar dan spesies hewan rentan lainnya, dan selama pandemi, sangat ketat,” kata Dr. Sam Rivera, direktur senior kebun binatang itu.

Rivera mengatakan kepada The Atlanta Journal-Constitution bahwa gorila Atlanta tampaknya menjadi kelompok kera besar kedua yang terinfeksi oleh Covid-19, setelah delapan gorila di Kebun Binatang San Diego dirawat karena virus tersebut pada bulan Januari. Dan kini semuanya sudah pulih kembali.

“Karena gorila hidup berdekatan, tidak mungkin mengisolasi hewan yang terinfeksi. Kebun Binatang Atlanta akan memvaksinasi gorila dengan vaksin hewan, serta memvaksinasi orang utan Kalimantan dan Sumatera, harimau Sumatera, singa Afrika, dan macan dahan.” tambah Rivera.

 Ilustrasi

Atas peristiwa ini, Kebun binatang Atlanta juga telah meningkatkan upaya antiinfeksi termasuk lebih banyak masker pelindung, pakaian, pembersihan yang lebih intensif, dan peningkatan ventilasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini