Bikin Pangling, Stasiun Cisauk Kini Keren Banget Kayak Airport

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 406 2471327 bikin-pangling-stasiun-cisauk-kini-keren-banget-kayak-airport-HOSVQ9Kga2.jpg Stasiun Cisauk di Cibigo, Cisauk, Tangerang (Wikipedia.org)

STASIUN Cisauk tampil dengan wajah baru yang lebih modern dengan fasilitas lengkap dan ramah disabilitas. Stasiun kereta api peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang terletak di Cibigo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang kini terlihat mirip seperti bandara.

Baca juga:  Catat! Begini Prokes Terbaru Naik Kereta Api di Masa Pandemi COVID-19

Stasiun Cisauk dibangun oleh kolonial Belanda pada 1899. Usianya sudah lebih 100 tahun. Bangunan stasiun kala itu sangat khas dan klasik dengan jendela model kupu tarung, sedangkan pada sisi luar dengan model krepyak. Serta di bagian dalamnya model kaca susun vertikal berbingkai kayu.

Stasiun tua yang terkesan buluk itu kini tampil lebih instagramable setelah direnovasi. Tak kalah dengan stasiun di luar negeri.

 

Konsep arsitektur yang futuristik begitu terasa di Stasiun Cisauk ini. Selain memiliki dua jalur rel kereta api, Stasiun Cisauk juga berdiri megah dengan dua lantai. Di lantai dua terdapat sejumlah gate elektronik yang berjajar guna memproses tiket.

Baca juga: 11 Daftar Stasiun Kereta Terbesar di Indonesia, Gambir hingga Surabaya Gubeng 

Tak hanya itu, di lantai dua terdapat jembatan penghubung dengan panjang 450 meter yang terhubung langsung dengan Intermoda BSD City.

Intermoda BSD City ini memiliki elevated terminal bus yang terkoneksi langsung dengan pintu masuk dan keluar Pasar Modern BSD City. Dan setiap sisi jembatan penghubung dilapisi dengan kaca tebal di sisi kanan dan kirinya.

Jalur pedestrian Cisauk Point yang menyatu dengan Stasiun Cisauk pun dibuat asri dan nyaman bagi calon penumpang. Cisauk Point juga terintegrasi dengan sistem transportasi massal, seperti bus dan KRL.

 Ilustrasi

Stasiun Cisauk memiliki bangunan dengan tampilan atap melengkung yang terletak di bagian pintu masuk. Fasilitas yang ada di stasiun ini termasuk ramah bagi penumpang ibu hamil, disabilitas, dan manula. Tidak hanya lift, tetapi juga ada eskalator.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini