Eksplorasi Wisata Raja Ampat, Ini 5 Destinasi yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 15 September 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 25 2471703 eksplorasi-wisata-raja-ampat-ini-5-destinasi-yang-tak-boleh-anda-lewatkan-O8mulowV6M.jpg Wisata Raja Ampat. (Foto: Dok.Andrew Chan/Sindonews)

Selalu ada pemandangan menarik di Raja Ampat, Papua Barat, untuk dieksplorasi wisatawan. Raja Ampat menjadi bagian dari pesona Indonesia yang mampu menarik perhatian dunia. Tak heran jika nama destinasi yang ada #DiIndonesiaAja ini telah tersohor hingga ke luar negeri.

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari berbagai pulau, di antaranya seperti Pulau Misool, Salawati, Batanta, Waigeo, dan beberapa pulau lainnya. Kepulauan yang terletak di ujung barat laut Papua ini dianggap sebagai salah satu surga wisata yang ada di Indonesia Timur.

Keindahan alam yang dimiliki oleh destinasi wisata satu ini nampaknya tak lagi dapat diungkapkan dengan kata-kata. Bagaimana tidak, Raja Ampat memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa, serta pantai-pantai yang begitu memesona dengan pasir putih yang terhampar indah.

Jika berkunjung ke sini ketika situasi telah membaik, Anda akan disambut langit biru yang berpadu dengan desiran ombak di pantai. Sambil bersantai, suara burung yang saling bersautan pun akan menghiasi hari Anda. Menenangkan sekali, bukan?

Beberapa kawasan di kepulauan ini memang memiliki pemandangan yang cantik dan dapat memanjakan mata. Penasaran? Yuk, menjelajah virtual beberapa destinasi favorit di Raja Ampat!

1. Batu Pensil


 

Batu Pensil. (Foto: Wonderful Indonesia)

Jauh dari hiruk pikuk kota, Raja Ampat menyuguhkan sensasi ketenangan yang akan membuat Anda dapat beristirahat dan melupakan sejenak beban pikiran. Kekayaan alam yang ada di sini pastinya tak akan berhenti membuat Anda berdecak kagum.

Salah satunya, yaitu Batu Pensil yang berada di Kawasan Teluk Kabui. Objek wisata ini terlihat sangat mencolok karena bentuknya yang berupa batu berukuran sangat besar berdiri tegak di tengah lautan.

Dinamakan Batu Pensil sebab ujungnya berbentuk runcing, batunya sangat tinggi menjulang ke langit berbentuk kerucut lancip. Tak heran, jika batu ini begitu menarik perhatian wisatawan.

Jika dilihat dari kejauhan, bentuk Batu Pensil memang terlihat seperti sebuah pensil raksasa yang muncul dari dasar laut menuju ke langit. Pada dasarnya, objek wisata ini merupakan salah satu dari gugusan pulau karang yang berada di Raja Ampat.

Letaknya di dalam Kawasan Teluk Kabui yang terdiri dari banyak pulau-pulau kecil. Pulau-pulau ini tersusun hingga tampak luas dan terlihat seperti labirin yang megah.

Baca Juga: Daftar Destinasi Wisata Paling Banyak Dicari Warganet Selama Pandemi di 6 Benua

2. Gua Keramat

Gua Keramat. (Foto: Wonderful Indonesia)

Ada salah satu tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi ketika Anda berwisata ke Raja Ampat. Tempat itu bernama Gua Keramat yang berlokasi di Teluk Tomolol, dua jam lamanya jika ditempuh mengunakan speed boat dari Desa Harapan Jaya.

Sesampainya di mulut gua, Anda dapat berziarah ke kuburan suami istri yang dipercaya sebagai tokoh penyebar agama Islam di Misool. Hal unik lainnya, yaitu adanya lafaz ‘Allah’ berwarna putih pada mulut gua yang tercetak alami pada bebatuan.

Anda juga dapat menyaksikan jejeran batu stalagtit dan stalagmit yang mengelilingi gua. Air yang ada dalam gua ini terbilang dangkal dan dapat digunakan untuk berenang, meski begitu tidak disarankan untuk masuk terlalu jauh ke dalam gua karena minim cahaya.

Menariknya, air gua ini terbilang bening dan memancarkan warna hijau toska yang nampak eksotis. Keindahan ini berpadu dengan kepulauan karst dan sudut-sudut gua yang sangat artistik.

3. Pasir Timbul

Pasir Timbul. (Foto: Instagram moppapua)

Bukanlah rahasia jika setiap sudut Raja Ampat memiliki tempat eksotis yang wajib Anda jelajahi. Tak terkecuali, salah satu objek wisata yang sudah terkenal akan keunikannya sejak dulu, yaitu Pasir Timbul yang terletak di antara Pulau Kri dan Pulau Koh.

Seperti namanya, objek wisata ini akan muncul di waktu-waktu tertentu saja, lho! Khususnya pada saat air laut surut atau sekitar pukul 06.00 WIT, 11.00 WIT, dan 15.00 WIT. Durasinya pun hanya berkisar sekitar 30 menit saja hingga akhirnya air laut kembali pasang.

Jika berkunjung ke lokasi ini, sudah pasti mata Anda tidak akan berhenti memandangi hamparan pasir putih bersih yang membentang sepanjang 200 meter. Pasir ini dikelilingi oleh air laut berwarna biru toska yang berarti dangkal, sedangkan biru tua yang berarti dalam.

Jernihnya air laut juga memungkinkan Anda untuk dapat melihat dasar laut di permukaan yang tak terlalu dalam dengan mudah. Tak heran, spot ini juga menjadi favorit para penggemar snorkeling dan diving.

4. Pulau Salawati

Pulau Salawati. (Foto: Instagram batiktours)

Jika berwisata ke Raja Ampat setelah nanti situasi membaik, maka pastikan Anda tak melewatkan Pulau Salawati untuk dikunjungi. Pulau ini dianugerahi oleh Tuhan berupa keindahan alam yang memesona dan begitu memanjakan mata.

Salawati merupakan salah satu dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat, yaitu Pulau Misool, Batanta, dan Waigeo. Pulau ini memiliki luas sekitar 1.623 kilometer persegi dengan sajian keindahan alam serta petualangan yang tak akan terlupakan.

Tidak hanya menyajikan panorama pulau eksotis dengan perairan yang jernih, Pulau Salawati juga memiliki hutan tropis yang masih alami dan cukup lebat. Anda dapat melihat berbagai tumbuhan khas Papua, salah satunya pohon sagu.

Lokasi ini sangatlah cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri, sebab suasana Pulau Salawati terbilang sepi dan tenang. Anda juga dapat menikmati keindahan bawah laut perairan di sekitarnya dengan snorkeling.

Pesona biota yang hidup di bawah laut perairan pulau ini tak akan gagal menarik perhatian Anda, lho! Berbagai jenis ikan hingga terumbu karang di sini masih sangat terjaga keberadaannya.

5. Pulau Wayag

(Foto: Instagram wisatarajaampat)

 

Satu lagi destinasi wisata yang terkenal dengan panorama dan keindahan bawah laut di Raja Ampat adalah Pulau Wayag. Pulau ini memiliki tiga puncak yang sering didaki oleh para wisatawan meski terdiri dari beberapa bagian yang sangat terjal.

Sebelum mencapai puncak, Anda harus memanjat tebing bebatuan dengan medan kemiringan hampir 90 derajat. Selain berpetualang, Anda juga dapat menikmati panorama pantai dengan pasir putih yang terhampar bak permadani.

Sensasi berenang di laut biru yang jernih pun tak boleh Anda lewatkan! Jika suka dengan tantangan, Anda dapat mencoba berenang bersama hiu-hiu karang yang habitatnya berada tepat di depan pos konservasi Pulau Wayag.

Jika ingin menyelam, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan peralatan snorkeling ataupun diving. Demi menjaga kesehatan dan mencegah penularan Covid-19, sebaikanya gunakan peralatan menyelam milik sendiri dan tidak menggunakan peralatan secara bergantian dengan orang lain. Namun, jika ingin menyewa, maka pastikan peralatan yang disediakan telah melalui proses disinfeksi cairan yang aman sesuai dengan prosedur secara rutin.

Meski hiu karang nampak jinak, Anda tetap harus berhati-hati dan menjaga jarak aman saat bermain bersama mereka, ya. Jangan mengganggu atau merusak habitatnya, sebab kini hiu karang atau hiu sirip putih jumlahnya sudah semakin menipis. Mereka pun tercatat dalam kategori ikan yang hampir punah, lho!

Itulah rekomendasi beberapa tempat yang tak boleh Anda lewatkan jika nanti berwisata ke Raja Ampat. Informasi ini tentunya dapat menjadi daftar rencana wisata Anda selanjutnya jika keadaan telah membaik dan tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Raja Ampat juga menawarkan berbagai produk lokal yang unggul dan berkualitas, lho! Jangan lewatkan serunya berburu tas noken, batik Papua, mutiara, koteka, alat musik tifa, dan pernak-pernik lainnya khas Papua. Anda juga dapat #BeliKreatifLokal berbagai kerajinan lainnya secara online melalui e-commerce dan media sosial para pelaku usahanya.

Keindahan alam Raja Ampat memang sungguh luar biasa, rasanya memang pantas jika tempat ini disebut sebagai salah satu surga wisata yang ada di ujung timur Indonesia. Hal senada pun dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Raja Ampat masuk dalam pengembangan Destinasi Super Prioritas (DSP). Papua dan Papua Barat punya destinasi alam yang sangat eksotis. Untuk saat ini, kami terus memberikan stimulus bagi pelaku maupun industri setempat untuk bertahan di tengah pandemi,” katanya.

Dia mengungkapkan, pandemi Covid-19 juga telah membuka mata kita bersama akan gigihnya perjuangan masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk terus bertahan. Beragam cara pun dilakukan, termasuk untuk terus berkolaborasi, berinovasi, dan mengimplementasikan aspek-aspek dalam #InDOnesiaCARE agar sektor pariwisata Indonesia dapat berjalan di tengah pandemi.

Kegigihan ini diharapkan juga dapat menjadi semangat untuk membangkitkan kembali geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Terlebih, hal ini juga bertepatan dengan momentum World Tourism Day yang jatuh pada 27 September 2021 mendatang.

Sementara itu, di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini, tetaplah batasi mobilitas Anda dan sebisa mungkin untuk berada #DiRumahAja demi mengurangi risiko penularan Covid-19, ya! Namun, jika terpaksa harus bepergian ke luar rumah pastikan Anda mematuhi protokol kesehatan 6M.

Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas. Jagalah kesehatan dan segera lakukan vaksinasi Covid-19 dengan berbagai jenis vaksin yang telah disediakan oleh Pemerintah. Upaya ini dilakukan tentunya agar dapat mecapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Jika merasa bosan selama berada #DiRumahAja, Anda juga dapat mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan yang seru dan bermanfaat, lho!

Salah satunya dengan mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa setiap pekannya. Tak perlu bingung, Anda hanya tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda agar dapat memeriahkan kuis ini, ya!

Raih kesempatan untuk memenangkan beragam hadiah yang disediakan. Menarik sekali bukan? Tunggu apalagi? Ikuti sekarang dan raih hadiahnya. Semoga beruntung!

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini