2 Penumpang Cekcok dengan Awak Kabin Gegara Masker, Ending-nya Nyesek

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 406 2471498 2-penumpang-cekcok-dengan-awak-kabin-gegara-masker-ending-nya-nyesek-TDpav3wDva.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters)

PERISTIWA tidak mengenakkan dialami pasangan suami istri yang sedang bepergian naik pesawat berikut ini. Akibat ulahnya memarahi pramugari dengan kata-kata tak pantas, keduanya terpaksa dikeluarkan dari penerbangan.

Pasutri ini awalnya melakukan penerbangan menggunakan maskapai JetBlue menuju San Diego, Amerika Serikat. Namun mereka diusir lantaran menolak dengan kasar saat awak kabin memerintahkan keduanya mengenakan masker sesuai aturan berlaku.

Dalam video yang beredar luas di media sosial, seorang pria terlihat berteriak dan berkelahi dengan seorang awak kabin pada penerbangan bernomor B6 529 dengan disaksikan para penumpang lain.

"Anda memberi saya satu (sumpah serapah). Saya menarik (masker wajah) begitu dia mengatakan sesuatu," teriak pria itu.

"Begitu dia mengatakan sesuatu, aku menariknya ke hidungku," imbuhnya lagi.

Baca juga: Terungkap, Alasan Sebenarnya Pramugari Menyapa Penumpang dan Mondar-mandir di Lorong Pesawat

Infografis Maskapai dengan Sajian Makanan Terbaik

Video itu kemudian beralih ke seorang wanita yang berdebat dengan pramugari lain. Dia mengenakan masker saat berjalan menyusuri lorong dan menariknya ke bawah untuk berbicara dengan penumpang lain.

"Mereka menendang kita dan saya tidak tahu mengapa. Kami orang Amerika. Itu jatuh dari wajahnya dan dia meminta maaf lalu memperbaikinya. Itu tidak cukup baik untuk mereka (awak kabin)," keluh wanita itu.

Pasangan itu akhirnya diusir dari pesawat dan penumpang lain pun bersorak riuh diiringi tepuk tangan. Penumpang yang merekam kejadian itu ialah Alice Runkevich. Ia mengatakan kepada Storyful bahwa penerbangan ditunda selama tiga jam dan insiden itu terjadi saat pesawat berada di landasan.

Dalam sebuah pernyataan, JetBlue mengatakan kedua pelancong itu diminta berkali-kali tetapi tidak mematuhi mandat penggunaan masker selama penerbangan.

"Akhirnya pelanggan diminta untuk meninggalkan pesawat di mana satu pelanggan menjadi agresif secara verbal dan fisik terhadap awak pesawat sebelum akhirnya keluar dari pesawat. Pelanggan tidak akan diizinkan terbang lagi dengan JetBlue pada penerbangan berikutnya," tulis JetBlue dalam sebuah pernyataan, melansir Fox News.

Insiden itu menambah daftar panjang kasus serupa di mana penumpang bergumul dengan sesama pelancong dan staf penerbangan. Pada bulan Agustus lalu, seorang pria dilakban di kursi pesawat Frontier Airlines lantaran diduga meninju seorang pramugara dan melecehkan dua pramugari.

Baca juga: Ditolak Naik Pesawat karena Terlambat, Emak-Emak Ngaku Bawa Bom

Administrasi Keamanan Transportasi bulan lalu telah memperpanjang persyaratan masker wajah di beberapa moda transportasi, termasuk pesawat komersial, hingga 18 Januari 2022.

Menanggapi perilaku mengganggu dan kekerasan oleh beberapa orang, badan tersebut baru-baru ini mengumumkan akan mendenda dua kali lipat bagi mereka yang melanggar.

Sejak 1 Januari hingga pertengahan Agustus, Administrasi Penerbangan Federal mengaku telah menerima 3.889 laporan perilaku nakal penumpang pesawat, termasuk 2.867 laporan orang yang menolak mengenakan masker.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini