10 Pantai Paling Angker di Jawa Timur, Ada Tempat Favorit Nyi Roro Kidul

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 408 2472319 10-pantai-paling-angker-di-jawa-timur-ada-tempat-favorit-nyi-roro-kidul-NZOCzG85qS.JPG 10 pantai paling angker di Jawa Timur (Foto: Instagram/@heylints)

SEBANYAK 10 pantai paling angker di Jawa Timur ini bisa memacu adrenalin Anda. Jawa Timur memang dikenal kerap memanjakan pelancong dengan berbagai objek wisata alam yang dimilikinya.

Mulai dari pantai yang cantik hingga gunung memukau jadi daya tarik tersendiri. Termasuk beberapa pantai yang konon disebut-sebut menyimpan kisah mistis dan dianggap angker di provinsi itu.

Pantai merupakan salah satu wisata unggulan dari provinsi yang beribukota di Surabaya ini. Keunikan dari pantai di Jawa Timur adalah beredarnya mitos dan cerita mistis yang turut mewarnai kehidupan masyarakat sekitar. Misalnya pantai di pesisir selatan Jawa yang selalu dikaitkan dengan mitos si Ratu Pantai Selatan alias Nyi Roro Kidul.

Berikut 10 pantai paling angker di Jawa Timur seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

1. Pantai Ngliyep, Malang

Pantai Ngliyep memiliki hamparan pasir putih serta pemandangan alam yang elok. Dikelilingi oleh pepohonan rindang, keberadaan pantai ini dekat dengan Gunung Kumbang.

Anda pasti tidak asing lagi dengan sosok Nyi Roro Kidul. Menurut cerita yang tersebar, Nyi Roro Kidul suka mendatangi Gunung Kumbang. Pantai ini masih dijadikan tempat untuk melakukan upacara ritual berbau mistis.

2. Pantai Watu Dodol, Banyuwangi

Daerah paling timur di Pulau Jawa ini memiliki satu pantai yang memiliki kisah misteri di baliknya. Nama pantai tersebut adalah Pantai Watu Dodol.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Paling Horor di Indonesia, Bikin Merinding!

Pantai Watu Dodol

(10 pantai paling angker di Jawa Timur, Foto: IG/@lil_ana)

Pantai ini disebut angker karena terdapat batu besar misterius yang berada di tengah jalan. Batu tersebut kabarnya tidak bisa dipindahkan bahkan dihancurkan karena menjadi pintu masuk kerajaan alam gaib.

3. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma menyuguhkan keindahan alam yang tidak akan terlupakan. Daya tarik pantai ini adalah hamparan pasirnya yang putih. Kuatnya gulungan ombak, membuat tempat wisata ini sering memakan korban jiwa.

Banyak masyarakat yang percaya bahwa kecelakaan tersebut erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul. Sosok gaib ini dirumorkan sering menculik wisatawan yang datang ke pantai untuk dijadikan tumbal.

4. Pantai Boom, Banyuwangi

Balik lagi ke Kota Banyuwangi, ada satu pantai yang menjadi lokasi terjadinya tragedi INKAI. Tragedi yang megenggut 26 korban, membuat suasana pantai semakin terkesan angker. Kisah korban yang meninggal karena diserang jin dari laut, terus tersebar dari mulut ke mulut.

5. Pantai Watu Ulo, Jember

Pantai Watu Ulo juga termasuk pantai di Jember yang indah namun seram menurut cerita warga setempat. Dalam bahasa Jawa, Pantai ini memiliki arti pantai batu ular. Menurut legenda, pantai ini dikuasai oleh jelmaan ular yang Nogo Rojo. Bentuk dari batu yang berada di pantai ini memang seperti ular yang besar.

6. Pantai Pancer Door, Pacetan

Pantai yang berada di Pulau Jawa Pantai Selatan ini menjadi tempat surfing yang asik untuk wisatawan. Tidak heran, jika Pantai Pancer Door disebut wisata favorit di Pacitan.

Selain memiliki pesona alam, pantai ini tidak lepas dari cerita angker. Sebab, pantai ini menjadi saksi bisu pembantaian peristiwa G30S/PKI. Kabar penampakan makhluk halus di kawasan pantai membuat nyali yang mendengarnya menciut.

Pantai Pantai Door

(10 pantai paling angker di Jawa Timur, Foto: IG/@theluckylukita)

7. Pantai Goa Cina, Malang

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bahwa terdapat goa di lokasi pantai. Goa inilah yang memberi kesan mistis tempat wisata. Konon kabarnya, sering terdapat penampakan seram di dalam gua.

Di samping cerita horor yang membuat tengkuk merinding, pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan karena pesona alamnya yang eksotis.

8. Pantai Jembatan Panjang, Malang

Pantai Jembatan Panjang kerap menjadi tempat favorit para wisatawan. Di pantai ini ada sebuah jembatan panjang ikonik yang membelah lautan. Menurut mitos yang berkembang di lingkungan masyarakat, jembatan telah mengalami perbaikan berkali-kali, namun tak pernah berhasil.

Masyarakat sekitar beranggapan hal ini karena pembangunan tidak disetujui makhluk halus penghuni pulau.

Pantai Sempu, Malang

(10 pantai paling angker di Jawa Timur, Foto: IG/@richarahmawati26)

9. Pulau Sempu, Malang

Banyak masyarakat setempat percaya akan sebuah mitos yang ada di pulau ini. Menurut kabar, makhluk halus di pulau ini sering membuat pengunjung tersesat bahkan hilang. Tidak heran mengapa pulai ini masuk deretan wisata angker.

10. Pantai Kenjeran, Surabaya

Tidak mau kalah, Ibu kota Jawa Timur ini juga memiliki pantai angker, yakni Pantai Kenjeran. Pantai Kenjeran terletak di Kecamatan Kenjeran di timur Surabaya. Kabar siluman ular punya kerajaan di kawasan pantai ini menambah unsur horor pantai.

Berbagai rumor menyeramkan membuat 10 pantai di Jawa Timur dikenal sebagai pantai angker. Apakah cerita mistis tersebut semakin membuat Anda penasaran untuk mengunjunginya?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini