3 Tahun Terdampar di Negara Lain, Penyu Tempayan Akhirnya Terbang Pulang ke Rumah

Firziana Zahra, Jurnalis · Minggu 19 September 2021 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 406 2473423 3-tahun-terdampar-di-negara-lain-penyu-tempayan-akhirnya-terbang-pulang-ke-rumah-zc3UJOmUsk.jpg Penyu tempayan yang terdampar di Irlandia dipulangkan ke Gran Canaria, Spanyol (Aer Lingus/SWNS/Mirror)

SEEKOR penyu tempayan yang terdampar di pantai Irlandia setelah terjebak dalam arus laut yang salah, telah diterbangkan kembali pulang ke Pulau Gran Canaria, Spanyol dengan penerbangan komersial dan bahkan memiliki boarding pass sendiri.

Penyu bernama Julius Caesar yang dikenal sebagai 'JC', ditemukan di pantai di County Donegal, tiga tahun lalu dengan berat hanya beberapa ratus gram dan menderita hipertermia.

Baca juga: Pesona Sukamade, Pantai Tersembunyi Jadi Sarang Penyu dan Beraroma Mistis

Dia tetap berada di Akuarium Exploris saat tumbuh dewasa, tetapi sekarang telah kembali ke rumah dengan penerbangan komersial ke Gran Canaria.

 

“Kami senang menyambut penumpang yang sangat istimewa hari ini dan memastikan transportasi yang aman dari JC the Turtle ke Gran Canaria,” kata Pilot Aer Lingus, Kapten Peter Lumsden seperti dilansir dari Mirror, Minggu (19/9/2021).

"Sejak mereka pertama kali berhubungan, Aer Lingus telah bekerja sama dengan tim dari Akuarium Exploris dan tim pemeliharaan teknik dan operasi darat kami untuk memastikan bahwa semua kebutuhan JC terpenuhi saat kami menyelesaikan misi penting ini,” tambahnya.

 Baca juga: Kapal Kargo Terbakar di Laut, Ratusan Penyu dan 20 Lumba-Lumba Mati Terdampar

"Menjaga suhu kura-kura di atas 19 derajat sangat penting untuk kesejahteraannya dan dia membutuhkan pemantauan rutin dan pelumasan cangkang sehingga menempatkannya di ruang pesawat bukanlah pilihan."

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini