Ini Dia Muara Mbaduk, Wisata yang Lagi Hits dan Viral di Banyuwangi

Andaru Danurdana, Jurnalis · Sabtu 18 September 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 408 2473237 ini-dia-muara-mbaduk-wisata-yang-lagi-hits-dan-viral-di-banyuwangi-P3H92WQ4Oa.jpg Muara Mbaduk di Banyuwangi (Foto yukbanyuwangi.co.id)

MUARA Mbaduk menawarkan keindahan dan ketenangan, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi liburan. Objek wisata yang masih asri ini terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Muara Mbaduk adalah pantai yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Meru Betiri, tak jauh dari Pantai Rajegwesi dan Pantai Teluk Ijo yang terkenal di Banyuwangi.

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Banyuwangi Sudah Beroperasi, Pengunjung Wajib Sudah Divaksin

Mengutip dari WikiWand, Sabtu (18/9/2021), Muara Mbaduk persisinya terletak di muara Sungai Buyuk, yaitu sungai yang melintasi Desa Sarongan dan Desa Kandangan. Karena terletak di muara, maka kawasan wisata ini pun disebut Muara Mbaduk.

Pada masa penjajahan Belanda, Muara Mbaduk atau sering juga disebut Pantai Mumba sempat digunakan sebagai landasan pesawat terbang.

ilustrasi

Karena sejarah itu, kini Muara Mbaduk termasuk aset milik TNI Angkatan Udara yang berada di bawah Komando Operasi Angkatan Udara II Lanud Abdul Rachman Saleh.

Baru saja viral dan mulai ramai dikunjungi, Muara Mbaduk masih belum memiliki fasilitas yang sekelas destinasi wisata lainnya.

Baca juga: Pesona Sukamade, Pantai Tersembunyi Jadi Sarang Penyu dan Beraroma Mistis

Dikutip dari Yuk Banyuwangi, meski sudah ada beberapa pedagang makanan dan kamar mandi, Muara Mbaduk masih belum memiliki sistem tiket masuk dan lahan parkir yang dibuka secara khusus.

Namun, walau tak banyak fasilitas, rupanya hal tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi yang masih belum banyak diproses pun membuat Muara Mbaduk menjadi kawasan yang asri dan alami, sehingga banyak digunakan oleh para pekemah untuk mendirikan tenda dan duduk-duduk menikmati suara deburan ombak.

Tak punya alat kemah? Tak perlu khawatir. Beberapa penduduk setempat sudah membuka usaha kecil-kecilan dan menyewakan berbagai macam alat kemah, seperti tenda dan kompor.

Dengan harga yang beragam, berwisata dan bermalam di Muara Mbaduk sejatinya tak mahal bila pandai mencari celah dan tawar-menawar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini