Share

Cicipi Lezatnya Kuliner Khas Yogyakarta yang Unik dan Menggugah Selera

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 20 September 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 25 2474064 cicipi-lezatnya-kuliner-khas-yogyakarta-yang-unik-dan-menggugah-selera-uVtduxPoIy.jpg Kuliner Yogyakarta. (Foto: Dok.Instagram @gudegkangenjogja)

Berkunjung ke Yogyakarta, pastinya tidak akan lengkap jika belum mencicipi makanan khas Kota Pelajar ini. Selain terkenal akan wisata alamnya, Yogyakarta memang memiliki kekayaan kuliner yang khas dan menggugah selera.

Berwisata kuliner di daerah ini pun rasanya menjadi agenda yang tak boleh dilewatkan jika Anda berencana untuk berkunjung ke Yogyakarta saat situasi telah membaik nanti. Berbagai jenis makanan dapat Anda temukan dengan mudah di sepanjang jalan dengan harga yang sangat terjangkau.

Tak masalah jika kini belum dapat berkunjung dan mencicipi makanan khas Yogyakarta secara langsung. Sebab, saat ini sudah banyak pelaku usaha lokal yang mengembangkan bisnisnya melalui berbagai platform digital, sehingga meski #DiRumahAja Anda tetap bisa #BeliKreatifLokal secara online.

 Nah, jika Anda butuh inspirasi berbagai kudapan khas lainnya yang ada #DiIndonesiaAja untuk menemani waktu Anda di rumah, yuk follow akun Instagram @pesonaid_travel!

Berikut informasi seputar kuliner Yogyakarta yang dapat menjadi rekomendasi menu makan bersama keluarga.

1. Bakpia

 

Bakpia. (Foto: Instagram gunculinary)

Oleh-oleh khas Yogyakarta di urutan pertama adalah Bakpia. Jajanan yang satu ini memang sangat populer di Yogyakarta. Bagaimana tidak? Toko bakpia umumnya berjejer di berbagai daerah di Yogyakarta.

Bakpia merupakan kue pastri berupa gulungan tepung panggang dengan berbagai isian. Biasanya, isian bakpia khas Yogyakarta berupa kacang hijau, sehingga rasanya manis, legit, dan gurih saat digigit.

Namun, seiring berjalannya waktu, varian rasa bakpia pun makin bertambah. Mulai dari cokelat, keju, matcha atau green tea, tiramisu, cappuccino, dan beragam rasa lainnya.

Bakpia khas Yogyakarta juga cenderung berbentuk mungil, teksturnya pun terasa lembut bila dikunyah. Jenis kuliner asli Yogyakarta yang satu ini juga mudah didapat dengan harga yang sangat bervariasi.

Baca Juga: Lezatnya Lontong Kikil Pak Yanto yang Viral, Belum Buka Sudah Ramai Antrean

2. Geplak

Geplak. (Foto: Instagram oleholehjogjahits)

Geplak merupakan makanan khas dari Kota Bantul yang cukup populer. Kudapan ini terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula Jawa, serta dikenal dengan rasanya yang manis.

Dahulu, geplak banyak didapati dengan warna putih dan cokelat saja. Namun, kini telah banyak dimodifikasi dengan warna-warna lain yang cerah untuk menarik minat konsumen. Tak heran, geplak banyak diminati masyarakat dari beragam kalangan usia.

Ciri khas makanan ini adalah bentuknya yang bulat berwarna-warni dengan sensasi rasa parutan kelapa yang tak akan bisa terlupakan. Saat ini, geplak tersedia dengan banyak varian rasa seperti cokelat, nangka, durian, vanila, dan masih banyak lagi.

Produksinya pun tak hanya sebatas di Kawasan Bantul saja, melainkan juga di beberapa daerah lainnya di Yogyakarta. Jika Anda tertarik membeli oleh-oleh ini ketika nanti bekunjung ke Kota Pelajar, jajanan tersebut juga tersedia di berbagai pusat oleh-oleh, ya!

3. Gudeg

(Foto: Instagram wiravp)

Siapa yang tak kenal gudeg? Makanan khas Yogyakarta ini rasanya tak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, kudapan tersebut memang telah banyak diolah dan diproduksi diberbagai wilayah Tanah Air.

Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Untuk dapat menyajikan makanan ini diperlukan waktu berjam-jam untuk memasaknya. Warna cokelat dari gudeg biasanya dihasilkan oleh daun jati yang ikut dimasak bersamaan dengan bahan lainnya.

Meski di luar Yogyakarta banyak yang menjual hidangan ini, tetapi tentu masakan yang dimasak di daerah aslinya sudah pasti akan terasa lebih mantap. Oleh karena itu, jika berwisata ke Yogyakarta saat situasi telah membaik nanti, Anda wajib menyantap gudeg, ya!

Jangan khawatir, gudeg juga bisa dibawa pulang ke daerah asal Anda, lho! Namun, Anda perlu memilih gudeg kering, agar tidak basi saat sampai di rumah. Gudeg basah dan kering sebenarnya tidak terlalu berbeda dari segi rasa, hanya saja gudeg kering lebih awet dan aman untuk dijadikan buah tangan.

4. Wedang Uwuh

(Foto: Instagram rmklapamanis)

Wedang uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta yang terbuat dari rempah-rempah. Adapun rempah yang digunakan seperti daun dan batang cengkih, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang, serta gula batu.

Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman yang diseduh, sedangkan uwuh berarti sampah. Hal ini karena dedaunan yang menjadi bahan dasarnya mudah ditemukan dan tak jarang berserakan di beberapa tempat di Pulau Jawa.

Wedang uwuh bisa disajikan panas atau hangat, serta memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah. Aroma harum wedang uwuh memiliki cita rasa tersendiri dengan aroma rempahnya yang khas.

Minuman ini sangatlah pas untuk menghangatkan tubuh. Saat diminum, tenggorokan akan langsung terasa hangat hingga melegakan pernapasan.

Selain itu, bahan-bahan dalam wedang uwuh juga dipercaya dapat berfungsi sebagai antioksidan hingga menurunkan kolesterol. Tidak hanya bisa diminum langsung di Yogyakarta, wedang uwuh juga bisa dibawa pulang dalam bentuk kemasan instan yang praktis.

Itulah beberapa kuliner Yogyakarta yang lezat dan menggugah selera, tentunya masih banyak makanan khas dari Yogyakarta yang juga tak kalah enaknya. Berbagai kudapan ini telah hadir dalam kemasan siap konsumsi yang praktis.

Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa menyantap kudapan khas Yogyakarta dan juga daerah lainnya di Indonesia dengan tetap berada #DiRumahAja. Tak perlu khawatir, cukup #BeliKreatifLokal secara online melalui media sosial atau pun e-commerce terpercaya.

Indonesia sungguh memiliki potensi dan kekayaan kuliner yang begitu melimpah. Tak heran jika hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berburu kuliner khas saat berkunjung ke destinasi wisata.

Hal senada pun disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bahwa berbagai daerah di Indonesia mampu menyajikan beragam kuliner lezat yang mencerminkan cita rasa asli Indonesia.

"Setiap daerah, dari Aceh sampai Papua itu punya keunikan dan kekhasan produk kulinernya. Kita beruntung banget jadi orang Indonesia. Kita harapkan kebangkitan khususnya di subsektor kuliner ini bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Pandemi Covid-19 pun turut menunjukkan kegigihan masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dan berinovasi. Tak hanya itu, mereka juga turut disiplin dalam mengimplementasikan aspek-aspek #InDOnesiaCARE dalam sektor parekraf di masa pandemi Covid-19 ini. Hal ini juga bertepatan dengan momentum World Tourism Day yang akan jatuh pada 27 September 2021 mendatang.

Sementara itu, di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ingatlah untuk membatasi mobilitas Anda dan sebisa mungkin tetap berada #DiRumahAja demi mengurangi risiko penularan Covid-19, ya! Jika terpaksa harus bepergian ke luar rumah, pastikan Anda mematuhi protokol kesehatan 6M.

Usahakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas. Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dengan berbagai jenis vaksin yang telah disediakan oleh Pemerintah.

Hal ini penting demi tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity, serta menjaga kesehatan dan keselamatan diri Anda, maupun orang-orang yang Anda sayangi. Tak perlu khawatir akan merasa bosan ketika berada #DiRumahAja, sebab Anda dapat mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan yang seru dan bermanfaat, lho!

Salah satunya dengan mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa setiap pekannya. Tak perlu bingung, Anda hanya tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan melalui kolom komentar, jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya!

Raih kesempatan memenangkan beragam hadiah menarik, lho! Yuk, segera ikutan kuisnya dan menangkan hadiahnya!

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini