9 Jembatan Paling Angker di Indonesia, Nomor 6 Tempat Hantu Cantik Gentayangan

Lina Sharfina, Jurnalis · Senin 20 September 2021 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 406 2474031 9-jembatan-paling-angker-di-indonesia-nomor-6-tempat-hantu-cantik-gentayangan-ZcM7cmjK1P.JPG 9 jembatan paling angker di Indonesia (Foto: Instagram/@symsdn)

SEBANYAK 9 jembatan paling angker di Indonesia berikut ini selalu memantik rasa penasaran. Tak dipungkiri jika Indonesia memiliki banyak jembatan panjang yang menghubungkan satu kota ke kota lainnya. Beberapa jembatan yang terbentang di Indonesia menyimpan keunikan dan ceritanya masing-masing.

Namun, tahukah Anda jika ternyata ada beberapa jembatan yang menyimpan kisah horor memilukan yang jadi sorotan dan cukup familiar di telinga masyarakat. Daripada penasaran berikut Okezone rangkumkan 9 jembatan paling angker di Indonesia sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

1. Jembatan Musi II, Palembang

Jembatan ini paling terkenal dengan sosok perempuan noni Belanda berambut pirang dengan pakaian berwarna merah yang kerap menggoda pengendara laki-laki yang melintasi jembatan itu. Aroma mistis juga sangat kental, sehingga cukup membuat orang khawatir melintasinya terutama saat malam hari.

2. Jembatan Comal, Pemalang

Jembatan ini biasa dilewati saat kita melaui jalur Pantura. Kisah horor yang beredar di jembatan ini biasanya terdengar suara tangisan bayi di malam hari. Konon katanya terdapat makam tidak terawat di area jembatan ini. Kisah lain yang terdengar bahwa adanya kerajaan gaib di sana.

Baca juga: Mulianya Seorang Ibu, Rela Bangun Jembatan agar Putranya Bisa Bersekolah

Jembatan Comal

(9 jembatan paling angker di Indonesia, Foto @kabarcomal) 

3. Jembatan Suramadu, Surabaya

Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Sempat terjadi kecelakan beruntun di jembatan ini pada tahun 2014 lalu dan menewaskan salah satu pengemudi. Masyarakat sempat heboh dengan kemunculan sosok perempuan yang berjalan-jalan di jembatan ini. Diduga penampakan itu adalah hantu Sundel Bolong yang menjadi penunggu Jembatan Suramadu.

4. Jembatan Cincin, Sumedang

Merupakan peninggalan Belanda yang masih ada, konon katanya ada hantu perempuan gentayangan yang menurut cerita, ia mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri di jembatan ini.

5. Jembatan Ampera, Palembang

Terkenal dengan penampakan hantu bayi, sosok manusia setengah siamang, kabarnya sosok tersebut akan mencari korban yang sedang memancing di jembatan itu. Sudah banyak cerita dari mulut ke mulut menceritakan kisah mistis ini.

6. Jembatan Ancol, Jakarta Utara

Sering terlihat perempuan cantik yang berseliweran di sekitar area jembatan ini lalu menghilang secara tiba-tiba. Konon, wanita itu merupakan arwah Maryam yang gentayangan.

Maryam adalah seorang gadis cantik yang menjadi korban pemerkosaan dan jasadnya dibuang di jembatan itu pada masa penjajahan pemerintah kolonial Belanda.

7. Jembatan Merah, Surabaya

Sempat menjadi lokasi peretempuran 10 November 1945. Setiap malam hari tiba-tiba tercium aroma anyir darah dan bau bangkai yang entah darimana. Penampakan sosok astral berpenampilan jadul era perang kemerdekaan juga konon sering muncul di tempat ini.

Jembatan Barelang, Batam

(9 jembatan paling angker di Indonesia, Foto: Instagram/@anitabella_photography)

8. Jembatan Barelang, Batam

Diceritakan bahwa jembatan ini sering digunakan sebagai tempat bunuh diri. Berdasarkan pengalaman saksi, kerap terdengar bisikan gaib yang mengajak manusia untuk bunuh diri.

9. Jembatan Jiwan, Madiun

Menurut kebudayaan Jawa ada larangan yang dinamakan Sepasaran, yakni larangan bagi pengantin baru untuk tidak keluar rumah sebelum 7 hari pernikahan. Menurut cerita masyarakat sekitar, dahulu ada perempuan bernama Sadikem, yaitu seorang pengantin baru.

Sadikem pada saat itu melanggar adat tersebut, dia mencuci baju ke sungai di bawah jembatan, kemudian ia pun hanyut. Sejak saat itu, arwah Sadikem sering menampakkan diri di jembatan ini. Konon dialah yang kerap mengakibatkan kecelakaan bagi setiap pengendara yang melintasi jembatan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini