Sandiaga Uno Akan Kembangkan Histourism, Pariwisata Berbasis Misteri dan Sejarah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 406 2474233 sandiaga-uno-akan-kembangkan-histourism-pariwisata-berbasis-misteri-dan-sejarah-UF95yyWBqy.jpg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Maros Pangkep (Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, berbincang dengan aktris Sara Wijayanto dalam IG Live Ngantri (Ngobrol Bareng Mas Menteri). Topiknya pariwisata berbasis misteri dan sejarah.

Sandiaga mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan histourism atau pariwisata berbasis cerita-cerita legenda seperti itu. Hal ini karena Indonesia memiliki berbagai cerita mistis, dan berkaitan dengan sejarah.

Baca juga:  2 Pesan Penting Sandiaga Uno pada Global Tourism Forum 2021

Kemudian untuk mengambangkan dan menjadi histourism ini jadi salah satu pariwisata andalan, Sandiaga akan melakukannya sesuai dengan riset serta data yang selama ini dipelajarinya.

"Karena kan yang kita ingin lakukan adalah pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan, berbasis storynomics nature and culture (alam dan budaya) kalau kita lihat berdasarkan data," katanya dikutip dari akun Instagram @sandiuno, Senin (20/9/2021).

 

Genre film yang paling populer di belahan dunia adalah horor. Untuk itulah dengan memberdayakan darerah-daerah di Indonesia, terlebih yang lekat dengan cerita horor, akan membuat pariwisata di Indonesia berkualitas, serta berkelanjutan.

Baca juga:  Pria Ini Berhasil Selamat dari Cengkeraman Hantu Banyu Penunggu Sungai Musi

Sandiaga menjelaskan, berdasarkan data-data ini pihaknya akan mengelola satu histourism, atau disebut juga dark tourism dan sudah dilakukan penelitian, dan ini merupakan salah satu potensi yang sangat menarik untuk dikembangkan.

"Karena memang pariwisata dalam konteks misteri ini memiliki story telling yang sangat kuat, dan menjadi daya tarik dari pariwisata ke depan," tuturnya.

Sementara itu, Sara Wijayanto mengatakan ia ingin mengajak Menparekraf untuk pergi ke salah satu tempat wisata yang lekat dengan sejarahnya. Selain itu sering beredar cerita mistis yang berasal dari tempat tersebut.

"Kalau menurut Aku, mungkin nanti mas menteri bisa jalan-jalan suatu hari nanti. Gak usah jauh-jauh deh, kita ke Kota Tua kalau memang diizinkan," katanya.

 Ilustrasi

Namun di sini Sara bukan untuk penelusuran atau mencari makhluk-makhluk astral, namun menceritakan sejarah dan apa yang terjadi dulu di tempat yang akan dituju.

"Bukan penelusuran lihat ini, gak gitu. Tapi lebih membahas tentang apa yang pernah ada di situ, kisahnya gitu kan, itu bukan cerita menakutkan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini