7 Wisata Hutan Mangrove di Indonesia, dari Pesisir Jakarta hingga Kalimantan

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Senin 20 September 2021 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 408 2474150 7-wisata-hutan-mangrove-di-indonesia-dari-pesisir-jakarta-hingga-kalimantan-a9fZi5bejp.jpg 7 wisata hutan mangrove di Indonesia (Foto Pesona Travel)

SEDIKITNYA ada 7 wisata hutan mangrove di Indonesia. Hutan bakau ini bukan hanya jadi kawasan konservasi, tapi juga sebagai destinasi liburan bagi masyarakat.

Hutan mangrove memang jadi salah satu objek favorit bagi banyak orang, karena selain pemandangannya menyegarkan mata dan menenangkan jiwa dengan pohon-pohon bakau, udaranya juga sejuk.

Hutan mangrove juga berfungsi untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, darat, dan pantai.

Baca juga:  Kunjungi Eduwisata Garam di Pamekasan, Pengunjung Bisa Susuri Hutan Mangrove

Di hutan mangrove pun pengunjung dapat menjumpai berbagai tumbuhan antara lain ketapang, nyamplung, akasia, pohon asem, dan nipah. Tak heran, bila hutan mangrove memiliki suasana yang menyejukkan jiwa.

Berikut 7 wisata hutan mangrove yang bisa Anda kunjungi untuk bepergian.

Hutan Mangrove Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta

Siapa bilang jika Jakarta hanya memiliki bangunan-bangunan yang menjulang tinggi. Hutan mangrove pun dapat Anda jumpai di Jalan Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Berdiri di area seluas 99,82 hektare, hutan mangrove ini akan memanjakan Anda dengan pohon-pohon yang rindang, keliling dengan perahu, bahkan tersedia tempat penginapan untuk bermalam.

 Ilustrasi

7 wisata hutan mangrove di Indonesia, salah satunya di Jakarta

Seperti namanya, taman wisata ini didominasi oleh pepohonan mangrove. Pengunjung bisa bebas menikmati sejuknya udara di hutan mangrove ini. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti pelatihan singkat cara menanam mangrove dan mengobservasi burung dari menara.

Hutan Mangrove Monorejo, Surabaya

Hutan mangrove ini berada cukup jauh dari pusat kota, tepatnya berada di Jalan Raya Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Di hutan mangrove ini Anda bisa menemukan beberapa spesies burung yang eksotis dan langka.

Baca juga:  Mulai Bergeliat, Desa Mangrove Luppung Jadi Ikon Wisata Baru di Bulukumba

Memiliki luas sekitar 800 hektare, Hutan Mangrove Monorejo sebagian besar dikelilingi oleh pepohonan bakau yang tumbuh dengan subur. Aktivitas seru lain yang bisa Anda nikmati, seperti mengelilingi kawasan ini dengan perahu dan berfoto-foto ria.

Hutan Mangrove Karimunjawa, Jawa Tengah

Selain sebagai salah satu taman laut terindah, Karimunjawa juga memiliki hutan mangrove yang bisa jadi alternatif tempat wisata.

Hutan Mangrove Karimunjawa ini berada di Desa Kemujan, Karimun, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Hutan mangrove ini memiliki luas kurang lebih 10,5 hektare. Beragam aktivitas seru bisa Anda nikmati di hutan mangrove ini, seperti melihat jenis-jenis burung dari menara, mengambil foto di banyak spot yang menarik, dan menyusuri kawasan ini dengan jalur sejauh 2 kilometer. Apalagi ditemani dengan angin sepoi-sepoi dan udara yang sejuk.

Hutan Mangrove Margo Mulyo, Balikpapan

Berikutnya ada Hutan Mangrove Margo Mulyo yang berada di Jalan AMD, Margo Mulyo, Balikpapan. Hutan mangrove ini memiliki luas 29,5 hektare. Menariknya, Hutan Mangrove Margo Mulyo menyimpan berbagai jenis flora dan fauna yang berhabitat di hutan ini.

 

Hutan mangrove ini termasuk dalam kawasan konservasi yang dilindungi oleh pemerintah karena terdapat fauna yang terancam punah. Salah satunya adalah bekantan. Pengunjung dapat menikmati kawasan hutan mangrove ini sambil mengistirahatkan diri di gazebo yang tersedia.

Hutan Mangrove Kulon Progo, Yogyakarta

DIY pun memiliki hutan mangrove yang berada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Memiliki luas sekitar 3 hektare, Hutan mangrove ini berada di atas aliran Sungai Bogowonto.

Menariknya, di hutan mangrove ini Anda bisa melihat Menara Eiffel mini yang terbuat dari bambu. Di hutan mangrove ini pula ada goa yang bisa Anda masuki ke dalamnya. Tak hanya itu, menyusuri hutan mangrove dari atas jembatan dan menikmati flora dan fauna yang ada.

Hutan Mangrove Tarakan, Kalimantan

Tempat wisata favorit selanjutnya ada Hutan Mangrove Tarakan yang berada di Karang Rejo, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Timur. Hutan mangrove ini memiliki luas 21 hektare dengan beragam flora dan fauna. Di hutan ini pula Anda bisa menemukan bekantan yang termasuk hewan terancam punah.

Menyusuri hutan mangrove dengan berjalan di atas jembatan kayu ulin khas Kalimantan. Hutan mangrove ini tak hanya dikelilingi oleh pohon-pohon bakau, tetapi ada pepohonan yang berusia puluhan hingga ratusan tahun.

 Ilustrasi

Hutan Mangrove Bedul, Banyuwangi

 

Tak kalah mempesona, Hutan Mangrove Bedul juga memilik panorama yang indah. Hutan mengrove ini memiliki luas sekitar 1.200 hektare, di mana terdapat 27 jenis mangrove dan berbagai jenis fauna. Hutan Mangrove Bedul ini berada di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di hutan mangrove ini, seperti mengelilingi Segara Anakan dengan perahu, bahkan bila sedang musim kerang dapat menikmati atraksi para nelayan yang sedang menjaring ikan.

Di hutan mangrove ini pula dapat menemukan 16 jenis burung yang migran dari Australia. Ada juga aneka satwa yang menjadi habitatnya, seperti biayak, monyet, elang laut, burung bangau, dan blibis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini