Pariwisata Bali Akan Dibuka untuk Turis Asing pada Oktober 2021

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 406 2474726 pariwisata-bali-akan-dibuka-untuk-turis-asing-pada-oktober-2021-erYNJOgfav.jpg Bali (Freepik)

PEMERINTAH sedang mempersiapkan pembukaan kembali pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara. Merujuk pada kasus COVID-19 di Indonesia yang mulai menurun, kemungkinan Bali akan menerima turis asing lagi pada Oktober 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kepada media pada Jumat 17 September lalu bahwa persiapan Bali menyambut kembali wisatawan asing sedang berlangsung.

Baca juga:  5 Pantai Eksotis di Bali, Cocok untuk Liburan Bareng Orang Tersayang

“Melihat tren saat ini, kami sangat yakin bisa membuka Bali pada Oktober,” katanya, merujuk pada penurunan kasus Covid di Indonesia seperti dilansir dari Escape, Selasa (21/9/2021).

Pembukaan wisata Bali direncanakan pada tahap awal hanya untuk negara yang dengan penyebaran kasus COVID-19 rendah, seperti Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Selandia Baru.

Luhut mengatakan para pengunjung nantinya masih perlu menjalani karantina.

 

Australia dapat bergabung dalam daftar jika vaksinasi mencapai target 80 persen pada November. Pada 19 September, setidaknya 46 persen warga Australia telah vaksinasi penuh.

Saat ini, Indonesia hanya mengizinkan warga negara asing yang memiliki visa diplomatik atau visa kerja. Warga negara asing juga diizinkan masuk apabila memenuhi syarat untuk pengecualian lainnya.

Baca juga:  Rumah Pohon Molenteng, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Nusa Penida Bali

Sebelumnya Bali direncanakan buka untuk turis asing pada Juli 2021, tetapi lonjakan kasus COVID-19 yang tajam membuat rencana ditunda. Tercatat lebih dari 50.000 kasus Covid baru setiap hari dan puncak wabah terjadi pada Juli.

Namun, sekarang kasus harian telah turun hampir 95 persen. Pemerintah setempat pun melonggarkan pembatasan minggu ini untuk penduduk lokal.

Menurut The Straits Times, penerima vaksin meningkat menjadi 96 persen untuk dosis pertama

Luhut mengatakan Bali akan menjadi titik awal di Indonesia yang menerima kedatangan wisatawan asing.

“Kami tidak terburu-buru untuk membuat Indonesia 100 persen terbuka (untuk semua pengunjung asing),” katanya kepada media.

 Ilustrasi

Sebelum pandemi, Bali menarik lebih dari enam juta kedatangan turis asing pada tahun 2019. Setengah dari total tersebut merupakan turis asal Australia dan China.

Pandemi Covid di Indonesia merupakan salah satu yang terburuk di Asia. Tercatat lebih dari 3,9 juta kasus dan 120.000 kematian sejak Agustus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini