Kisah Mistis di Lubang Buaya, Penampakan Tentara hingga Teriakan Minta Tolong

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 408 2474611 kisah-mistis-di-lubang-buaya-penampakan-tentara-hingga-teriakan-minta-tolong-tbkE4m5mx3.JPG Monuman Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur (Foto: Instagram/@judil_ato)

BERAGAM kisah mistis di Lubang Buaya beredar di kalangan masyarakat. Ya, Monumen Pancasila Sakti yang berlokasi di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur ini merupakan saksi dari kebiadaban anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) terhadap sejumlah jenderal TNI.

Tak heran jika tempat ini menyimpan berbagai kisah mistis menyeramkan yang pastinya bakal bikin bulu kuduk merinding.

Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya kental dengan aura mistis, karena di sana terdapat sumur tempat pembuangan jasad para jenderal, setelah sebelumnya disiksa secara keji.

Berikut Okezone rangkumkan beberapa kisah mistis yang pernah terjadi di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya berikut ini.

Penampakan tentara

Sosok penampakan tentara berlumuran darah kerap terlihat oleh pengunjung di malam hari. Wajah para tentara itu berlumuran darah, dengan beberapa bagian tubuh yang sudah terpenggal.

Kisah ini diceritakan oleh salah satu petugas jaga Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya. Bahkan sejumlah pengunjung juga mengaku pernah melihat penampakan yang sama.

Museum Pengkhianatan PKI di Lubang Buaya

(Foto: Instagram/@yuda_angkung)

Baca juga: Menelisik Kisah Mistis Monumen Pancasila Sakti

Teriakan dari dalam sumur

Siapa yang tidak mengenal sumur tua di Lubang Buaya? Ya, sumur ini merupakan tempat paling ikonik sekaligus menyeramkan. Pasalnya, di sumur itulah jasad ketujuh pahlawan revolusi korban kebiadaban PKI diangkat.

Sumur itu sangatlah sempit. Bayangkan 7 jasad manusia sekaligus ditumpuk di dalamnya dalam kondisi berlumuran darah. Sudah pasti, nuansa mistis dan keangkeran sumur ini tek perlu dipertanyakan lagi.

Sumur yang berada dalam komplek Museum Lubang Buaya ini memiliki kedalaman 12 meter dan diameter hanya 75 centimeter.

Menurut cerita saksi mata, dari dalam sumur sering terdengar suara gaib seperti orang minta tolong. Namun, saat sumur didekati, suara itupun lenyap seketika.

Orang kesurupan

Hanya berjarak sekitar 70 meter dari museum pengkhianatan PKI terdapat sumur tempat pembuangan ketujuh jenderal tadi. Sebelum dibuang ke dalam sumur, para jenderal terlebih dahulu disiksa di serambi penyiksaan yang terletak persis di samping sumur.

Sumur Tempat Pembantaian Jenderal oleh PKI

(Foto: Okezone.com/Helmi)

"Di sumur juga pernah ada pengunjung kesurupan. Itu gara-gara dia sendiri, karena dia teriak-teriak di dekat sumur, kan di situ memang dilarang (berisik). Memang ada peraturannya di situ," kata Toto, petugas parkir area monumen kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Sumur tersebut dulunya dijadikan warga sebagai sumber air. Namun setelah PKI datang, jangankan untuk mengambil air, untuk datang ke sana saja tidak diperbolehkan malahan bisa ditodong senjata oleh simpatisan PKI kala itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini