Wisata ke Bromo Tengger Semeru, Jangan Lewatkan Spot Indah Berikut Ini!

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 22 September 2021 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 25 2475375 wisata-ke-bromo-tengger-semeru-jangan-lewatkan-spot-indah-berikut-ini-dtPe0zpAOg.jpg Foto: wonderfullimage.id

Siapa yang tak kenal Gunung Bromo? Gunung ini merupakan salah satu objek wisata yang ikonik di Provinsi Jawa Timur. Bukan tanpa alasan, keindahan Gunung Bromo yang tak perlu diragukan lagi, berhasil membuat siapa pun yang mengunjunginya terpukau.

Objek wisata ini terletak tepat di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang merupakan gabungan dari beberapa kawasan wisata alam yang disatukan. Bentuk Gunung Bromo berdampingan antara lembah dan ngarai dengan kaldera, atau lautan pasir sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung tersebut memiliki ketinggian hingga 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl). Letaknya pun berada dalam empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Saat berkunjung ke sini, banyak sekali daya tarik wisata yang bisa membuat Anda terpana akan pesonanya yang memukau. Apa saja? Berikut informasinya.

 1. Bukit Kingkong

 

Panorama dari atas Bukit Kingkong. (Foto: Instagram bukitkingkong)

Salah satu tempat terbaik menyaksikan matahari terbit (sunrise) adalah Bukit Kedaluh atau yang akrab dikenal sebagai Bukit Kingkong. Seperti namanya, salah satu tebing di sekitaran area bukitnya menonjol dan menyerupai kepala kingkong.

Sementara itu, nama Kedaluh lebih akrab di telinga masyarakat Tengger karena berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti penghargaan akan kesuburan tanah di wilayah Tengger. Bukit ini berjarak sekitar 2,5 kilometer dari Puncak Penanjakan 1 Bromo, sehingga akses masuk menuju Bukit Kingkong tidak terlalu menanjak.

Pengunjung hanya perlu berjalan sejauh 100 hingga 200 meter untuk dapat menikmati pemandangan Kaldera Tengger. Pesona sunrise di Bukit Kingkong sangat indah dan tak akan gagal membuat Anda takjub dengan keindahan ciptaan Tuhan yang satu ini.

Jika berkunjung ke Bromo saat kondisi telah membaik nanti, jangan lupa cantumkan Bukit Kingkong dalam daftar perjalanan Anda, ya! Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan Anda.

2. Kawah Bromo

 

 

Kawah Bromo. (Foto: Instagram indraiswanto84)

Gunung Bromo termasuk ke dalam gunung berapi yang masih berstatus aktif. Kawahnya memiliki garis tengah dari utara hingga selatan mencapai kurang lebih 800 meter.

Sementara itu, dari timur hingga ke barat, garis tengahnya mencapai kurang lebih 600 meter. Daerah yang wajib dihindari oleh para pengunjung pada Bromo, terdapat pada sebuah lingkaran dengan jari-jari 4 kilometer dari pusat kawah.

Kawah Bromo memiliki keunikan tersendiri. Letaknya berada di tengah kawah Tengger dan dikelilingi dengan lautan pasir yang terhampar. Jika ingin melihat lebih dekat kawah ini, Anda dapat naik terlebih dahulu ke Puncak Bromo melalui tangga yang tersedia.

Panorama Kawah Bromo dengan kepulan asap yang keluar dari bagian dasarnya akan tampak jelas dari atas puncak. Sementara itu, di sisi yang lain, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pasir yang sangat luas dengan tebing yang sangat indah.

Jika Anda ingin ke sini, pastikan kondisi fisik Anda harus benar-benar fit, ya! Siapkanlah pakaian hangat, seperti jaket, syal, kaos tangan, kaos kaki, dan sepatu gunung yang nyaman untuk dipakai.

Selain menjadi salah satu protokol kesehatan, memakai masker sangat penting demi menghindari debu pasir yang terbawa angin. Jangan lupa siapkan air minum untuk bekal Anda selama pendakian.

3. Pasir Berbisik

 

Pasir Berbisik. (Foto: Instagram pasirberbisikbromo)

Pasir Berbisik merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Gunung Bromo. Letaknya berada di sebelah timur Kawah Bromo. Tempat ini akan menyajikan pemandangan lautan pasir yang begitu luas.

Sesuai namanya, hamparan pasir berwarna hitam ini memang seakan membisikkan sesuatu kepada siapa saja yang berada di sana ketika angin berhembus. Bentuk pasirnya pun unik, yakni cenderung bergelombang.

Saat tiba di sini, Anda tidak hanya akan disambut dengan lautan pasir yang sangat luas, tetapi juga pemandangan bukit-bukit yang indah. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu objek wisata favorit di Kawasan Bromo.

4. Pura Luhur Poten

 

 Pura Luhur Poten. (Foto: Instagram randtravel_malang)

Pura Luhur Poten terletak di kaki Gunung Bromo, tepatnya di atas lautan pasir. Pura yang juga dikenal sebagai Sanggar Agung Poten ini merupakan tempat persembahyangan umat Hindu Tengger.

Pembangunan pura ini ditujukan untuk menjadi tempat masyarakat Hindu Tengger menyembah Dewa Brahma. Pura ini didirikan pada tahun 2000 lalu secara gotong royong. Peringatan ulang tahunnya dirayakan setiap tanggal 14 bulan Kasada (ke-12) pada kalender Saka Tengger.

Pada waktu ini pula digelar upacara Yadnya Kasada, yaitu upacara sesembahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur. Terutama Roro Anteng (putri Raja Majapahit) dan Joko Seger (putra Brahmana). Upacara tersebut digelar di Pura Luhur Poten pada tengah malam hingga dini hari.

Suku Tengger akan melemparkan sesaji berupa sayuran, ayam, bahkan uang ke kawah gunung tersebut. Bagi Suku Tengger, sesaji yang dilempar ke Kawah Bromo ini merupakan bentuk kaul atau rasa syukur atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah.

Saat ini, perayaan Kasada pun digelar dengan sederhana dan tertutup hanya untuk internal masyarakat Tengger. Pelaksanannya juga tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Keindahan panorama Gunung Bromo memang tak perlu diragukan lagi. Tempat ini akan selalu setia mengingatkan Anda betapa menakjubkannya alam ciptaan Tuhan. Tak heran jika kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pun menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP).

“Ada lima Destinasi Super Prioritas, tapi ada lima lagi yang disiapkan setelah itu, termasuk Belitung, Wakatobi, Raja Ampat, Morotai, dan destinasi lain. Ini lagi kita persiapkan agar bisa menjadi penopang dari pertumbuhan ekonomi kita," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga, situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini, telah membuka mata bersama akan gigihnya perjuangan masyarakat Indonesia, terutama pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terus bertahan. Beragam cara pun dilakukan, termasuk untuk terus berkolaborasi, berinovasi, dan displin mengimplementasikan aspek-aspek #InDOnesiaCARE.

"Di tengah Covid-19 kita harus bahu-membahu agar bangsa ini pulih, bangkit ekonominya. Kita bisa kalahkan Covid dan kita bisa melanjutkan pembangunan.”

Hal ini tentunya dapat menjadi pemantik semangat untuk membangkitkan kembali geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Terlebih, upaya ini juga bertepatan dengan momentum World Tourism Day yang jatuh pada 27 September 2021 mendatang.

Sementara itu, di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini, tetaplah batasi mobilitas Anda dan sebisa mungkin untuk berada #DiRumahAja. Informasi wisata ini dapat menjadi referensi tujuan wisata Anda jika nanti situasi telah membaik dan dapat dikendalikan.

Demi mengurangi risiko penularan Covid-19, jika Anda terpaksa harus bepergian ke luar rumah, maka pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 6M. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas.

Jagalah kesehatan dan segera lakukan vaksinasi Covid-19 dengan berbagai jenis vaksin yang telah disediakan oleh Pemerintah. Upaya ini dilakukan tentunya agar dapat mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, serta menjaga kesehatan dan keselamatan diri Anda, maupun orang-orang yang Anda sayangi.

Jika merasa bosan selama berada #DiRumahAja, Anda juga dapat mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan yang seru dan bermanfaat, lho! Salah satunya dengan mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa setiap pekannya.

Tak perlu bingung, Anda hanya tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar, jangan lupa mention tiga teman Anda agar tak ketinggalan informasi dan dapat memeriahkan kuis ini, ya!

 Raih kesempatan untuk memenangkan beragam hadiah menarik. Yuk, ikutan kuisnya!

(CM)

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini