Homestay di Bali Bersertifikat CHSE Bikin Liburan Lebih Hemat

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 25 2475400 homestay-di-bali-bersertifikat-chse-bikin-liburan-lebih-hemat-HitTH3kiFi.jpg Foto: Dok.Instagram @pondokbali_villashomestay

Anda berencana liburan di Bali saat situasi telah membaik kelak dengan cara yang hemat? Bisa kok. Jika sebelumnya Anda mau liburan, namun terlebih dahulu harus menabung dalam jangka waktu yang panjang, kini periode menabung untuk liburan bisa lebih singkat.

Dana untuk berlibur juga bisa diatur agar lebih irit, karena jenis tempat menginap kini sudah amat beragam. Dari hotel berbintang, hotel melati, ruang menginap sejenis kapsul untuk backpacker, hingga homestay.

Bagi Anda yang merencanakan liburan di Bali bisa memilih homestay sebagai pilihan penginapan, dengan harga yang berkisar ratusan ribu saja agar bujet liburan Anda lebih irit. Anda juga harus rutin mengecek aplikasi booking homestay untuk mendapatkan promo diskon menarik, ya!

Ketika Anda berlibur dengan memilih fasilitas homestay nantinya, jangan lupa untuk tetap disiplin protokol kesehatan 6M dan pastikan Anda sudah melakukan vaksinasi, ya! Sehingga ketika sudah waktunya Anda berlibur ke berbagai tempat wisata yang sudah mulai dibuka secara bertahap nanti, akan lebih terasa aman dan nyaman.

Pada masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah di Indonesia yang saat ini masih berlangsung, tentu membuat kita merasa bosan. Untuk menghilangkan rasa jenuh, yuk follow akun Instagram @pesonaid_travel! Sehingga Anda bisa mendapatkan beragam inspirasi seputar destinasi wisata dan produk kreatif lokal menariknya yang ada #DiIndonesiaAja.

Selain itu, Okezone juga punya rekomendasi homestay yang sudah tersertifikasi CHSE yakni penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemenparekraf sebagai lembaga yang menaungi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menggencarkan protokol kesehatan CHSE untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan dalam sektor ini ditengah situasi kenormalan baru. Nah, berikut deretan homestay yang bisa Anda masukkan dalam bucket list liburan Anda. Yuk, kita intip!

1. Alami Villa

 

Foto: Instagram @alamivilla

Pemandangan begitu asri dan menyatu dengan alam akan Anda rasakan saat menginap di homestay ini. Alami Villa terletak di Tengkulak Kaja Kangin, Kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Dari homestay ini Anda bisa mengunjungi Kebun Binatang Bali, Istana Ubud, Hutan Monyet Ubud, hingga Gua Kuil Gajah yang bersejarah.

Alami Villa terletak di tepi Sungai Petanu. Pengalaman liburan Anda semakin berkesan dengan suguhan pemandangan sungai yang luas, gemercik air, hingga suara burung yang merdu. Taman yang rimbun dan angin sepoi-sepoi yang segar akan memanjakan jiwa dan raga Anda.

Selain menikmati kenyamanan saat menginap di homestay, ragam oleh-oleh khas Bali juga bisa Anda dapatkan dari pelaku usaha lokal di sekitarnya dengan #BeliKreatifLokal secara online, seperti kerajinan perak di @perakbali_net.

2. Alam Shanti

Foto: Instagram @tonto940


Alam Shanti merupakan pilihan penginapan yang tepat saat mengunjungi Ubud. Kombinasi ideal antara harga, kenyamanan, dan kepraktisan. Tempat ini menawarkan suasana yang romantis dengan fasilitas yang mumpuni.

Anda akan menikmati kenyamanan kamar yang menawarkan kulkas, minibar, dan penyejuk udara, serta akses internet. Jadi, meski sedang liburan Anda bisa tetap nyaman bekerja secara daring atau update kegiatan liburan Anda di media sosial. Cocok bagi Anda yang ingin liburan dengan suasana tenang dan nyaman.

Baca Juga: Intip Megahnya Patung Bung Karno Setinggi 8 Meter di Taman Sukasada Buleleng

Homestay ini menawarkan layanan concierge, salah satunya menjemput dan mengantarkan tamu dari Bandara Udara I Gusti Ngurah Rai hingga ke beberapa lokasi wisata. Penginapan ini juga berdekatan dengan beberapa tempat terkenal di Ubud, seperti I Wayan Karja Gallery, Lempad House, hingga Taman Botani.

Selesai menikmati liburan di homestay ini, buah tangan untuk sanak saudara jangan sampai ketinggalan, ya! Selain #BeliKreatifLokal secara langsung, Anda juga bisa memesan melalui media sosial pelaku usahanya, seperti anyaman tas rotan Bali dari @lanina.atta.bag.

3. Alam Wayang Ubud

Foto: Instagram @alamwayangubud


Ini adalah tempat yang tepat untuk memanjakan diri Anda dalam suasana ketenangan Desa Penestanan, Ubud. Terletak di antara daerah Sayan dan Ubud, tepat di Gang Pacekan Penestanan Kaja, gang ini juga dikenal sebagai Kampoeng Bule. Anda dapat merasakan alam desa yang sebenarnya di sini.

Alam Wayang Ubud dirancang secara unik untuk Anda yang ingin relaksasi diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Homestay ini terdiri dari 13 kamar dengan 2 kategori tipe kamar dan 3 tipe vila yang menyediakan kolam renang pribadi. Konsep penginapan ini terinspirasi oleh tokoh-tokoh Mahabharata dan disusun dengan perpaduan arsitektur tradisional Bali serta sentuhan modern untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Dari homestay ini Anda dapat mengunjungi sejumlah objek wisata budaya, seperti Museum Antonio Blanco dan Museum Puri Lukisan, atau beberapa objek wisata populer lainnya, misalnya John Hardy Ubud Design Studio and Workshop serta Kebun Binatang Bali. UC Silver Bali dan Taman Anggrek Bali juga patut untuk dikunjungi, ya!

Lengkapi liburan Anda di Bali dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku usaha ekonomi kreatif, seperti kain tenun Bali di @kirana_tenunbali.

4. De Klumpu Bali

Foto: deklumpubali.com


Terletak di kawasan tradisional Desa Undisan Kabupaten Bangli, De Klumpu Bali terinspirasi oleh desain struktural Bali dengan konsep ramah lingkungan. Seperti material kayu lokal, jerami, serta pencahayaan alami didapat dari langit-langit jendela yang terbuka.

De Klumpu Bali menempati lahan seluas 1,5 hektare di antara persawahan yang akan membuat Anda merasakan ketenangan serta kemewahan sumber daya alam Bali melalui beragam fasilitas, kuliner yang nikmat, serta pemandangan yang menakjubkan.

Kerajinan khas Bali bisa Anda dapatkan sambil #BeliKreatifLokal saat berada di sini, seperti salah satu produk spa Bali yaitu @raniabali.

5. Villa Nirvana

Foto: balivillanirvana.com

Terletak di Ubud, Villa Nirvana Bali merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati suasana khas Bali. Dari homestay ini Anda dapat mengunjungi Intuitive Flow Yoga Healing, Museum The Blanco Renaissance, dan Museum Antonio Blanco Renaissance.

Villa Nirvana adalah kompleks vila mewah yang terjaga keamanannya serta berlokasi di desa seniman terkenal Penestanan di Ubud. Tempat ini kental dengan nilai artistik dan spiritual Bali.

Terletak di tengah taman yang rimbun seluas hampir 2 hektare membuat pengunjung yang datang bisa mendapatkan susana relaksasi yang tenang. Homestay ini juga memiliki spa in-house bernama Kama Sutra yang menyediakan berbagai perawatan kesehatan juga kecantikan, termasuk pijat, perawatan wajah, manikur, dan pedikur.

Fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh Villa Nirvana Bali menjamin mampu memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi para tamu. Selain itu, Bali tidak hanya keren dari fasilitas penginapannya yang beragam saja, produk keren khas Bali juga bisa Anda dapatkan dengan #BeliKreatifLokal, seperti ukiran kayu di @ukirbali.

Itulah 5 homestay yang membuat liburan Anda lebih hemat dan berkesan di Bali. Tempat-tempat tersebut, tentunya bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu berlibur #DiIndonesiaAja ketika keadaan berangsur membaik. Saat berwisata nanti, Anda tetap wajib disiplin protokol kesehatan, ya!

Dengan kesadaran akan protokol kesehatan dan implementasi aspek-aspek #InDOnesiaCARE yang dilakukan pada sektor pariwisata, tentu sangat berarti bagi percepatan pemulihan sektor ini. Upaya ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dan stakeholder pariwisata dalam rangka World Tourism Day pada 27 September 2021 mendatang.

Foto: Okezone

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyatakan homestay dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan CHSE, di antaranya disediakan tempat cuci tangan di pintu masuk, hand sanitizer, dan masker di kamar tamu.

Sandi mendorong agar para pengelola homestay bisa memberikan kualitas dan pelayanan terbaik bagi wisatawan serta mengimplementasikan protokol CHSE dalam usahanya.

“Sertifikasi CHSE ini harus betul-betul jadi gold standard dalam pelaksanaan pelayanan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Karenanya kami mendorong agar pelaku usaha parekraf untuk dapat mendaftarkan usahanya, dan bagi konsumen untuk dapat memilih destinasi atau sentra ekonomi kreatif serta usaha lainnya yang sudah memiliki sertifikasi CHSE," ujar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, berinovasi, dan displin menerapkan protokol kesehatan dalam sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19 ini.

Sambil menunggu waktu yang tepat untuk menginap di homestay Bali, Anda bisa mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya!

Buat Anda yang beruntung bisa memenangkan beragam hadiah menarik, lho! Yuk, buruan ikutan!

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini